PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN MINI HOTEL BERBASIS MICROSERVICE DAN BUSINESS INTELLIGENCE PADA TEFA LABORATORIUM PERHOTELAN TERPADU

Bekti, Maryuni Susanto and atmadji, Ery Setiyawan Jullev and Hakim, Lukman PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN MINI HOTEL BERBASIS MICROSERVICE DAN BUSINESS INTELLIGENCE PADA TEFA LABORATORIUM PERHOTELAN TERPADU. Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Laporan Penelitian)
Bekti Maryuni Susanto_0025068404_LaporanAkhir_PNBP.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Business Intelligence (BI) telah menjadi prioritas utama di sebagian besar perusahaan untuk meningkatkan kinerja organisasi. Pasar produk perangkat lunak terkait terus mengalami peningkatan sejalan dengan tren Business Analytics (BA) dan Big Data Management yang berkontribusi pada pertumbuhan pasar perangkat lunak BI. Hal ini tidak terlepas dari peran manajemen yang telah berkontribusi terhadap pertumbuhan berkelanjutan pasar perangkat lunak BI khususnya untuk membantu dalam proses pengambilan keputusan. Laboratorium Perhotelan terpadu merupakan salah satu laboratorium yang dimiliki oleh PSBI (Program Studi Bahasa Inggris). Laboratorium ini didirkan pada tahun 2020 melalui dana hibah Program Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi (P3TV). Laboratorium perhotelan terpadu Politeknik Negeri Jember merupakan wadah dalam mengembangkan riset, pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan kurikulum program studi. Namun, Laboratorium Perhotelan Terpadu belum memiliki sistem informasi manajemen yang berisi tentang business intelligence untuk membantu pengambilan keputusan dalam strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi manajemen berbasis microservices dan business intelligence pada Laboratorium Perhotelan Terpadu Politeknik Negeri Jember. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah arsitektur microservices pada sistem informasi manajemen mini hotel, aplikasi business intelligence pada laboratorium perotelan terpadu dan mengukur performa microservices yang berjalan pada server. Manfaat dari penelitian ini adalah meningkatkan strategi pemasaran mini hotel Politeknik Negeri Jember dengan memanfaatkan data-data historical.

Item Type: Other
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Teknik Komputer > General
Depositing User: Bekti Maryuni
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:57
Last Modified: 17 Jan 2024 06:57
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29288

Actions (login required)

View Item View Item