Analisis Belum Terlaksananya Pengkodingan Tindakan Medis Pasien Rawat Jalan Pada Rekam Medis Elektronik di RSUD Haji Provinsi Jawa Timur

Anelia, Zaifatul (2023) Analisis Belum Terlaksananya Pengkodingan Tindakan Medis Pasien Rawat Jalan Pada Rekam Medis Elektronik di RSUD Haji Provinsi Jawa Timur. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
1. Zaifatul Anelia_Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (184kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. Zaifatul Anelia_Bab 1 pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (434kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
3. Zaifatul Anelia_Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (216kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
4. Zaifatul Anelia_Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di RSUD Haji Provinsi Jawa Timur yang dilakukan pada tanggal 2 sampai 4 Oktober 2023 ditemukan data yang menunjukkan kejadian belum terlaksananya pengkodingan tindakan medis pasien rawat jalan pada rekam medis elektronik (aplikasi H3IS). Hal tersebut mengakibatkan data untuk pelaporan tindakan medis yang ada di menu Laporan Sentral hanya berisi daftar kode tindakan pasien rawat inap saja. Selain itu, mutu RME menjadi kurang. Dampak lain dari kondisi tersebut berkaitan dengan pembiayaan kesehatan dan riset kesehatan. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor penyebab belum terlaksananya pengkodingan tindakan medis pasien rawat jalan pada RME di RSUD Haji Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Subjek penelitiannya terdiri dari 10 informan. Objek penelitiannya berupa entry data tindakan medis pasien rawat jalan pada RME di RSUD Haji Provinsi Jawa Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab belum terlaksananya pengkodingan tindakan medis pasien rawat jalan pada RME berdasarkan predisposing factors yaitu seluruh coder RM pasien rawat jalan merupakan lulusan D3 Rekam Medis tetapi sudah lama tidak menerapkan ilmu pengkodingan tindakan medis sehingga pengetahuannya mengenai pengkodingan tindakan medis menjadi kurang. Enabling factors yaitu belum adanya kolom tindakan pada fitur SOAP di aplikasi H3IS mengakibatkan coder merasa rancu dan bingung, belum tersedianya ICD-9CM versi terbaru baik soft file maupun hard file, serta belum adanya pelatihan pengkodingan tindakan medis yang mengakibatkan pengetahuan coder menjadi kurang updated. Sedangkan untuk variabel reinforcing factors yaitu belum adanya reward dan bentuk punishment yang kurang tegas kepada coder serta belum adanya SPO pengkodingan diagnosis dan tindakan medis pasien rawat jalan pada aplikasi H3IS mengakibatkan coder merasa tidak wajib melaksanakan pengkodingan tindakan medis. Dengan demikian, sebaiknya coder diberikan pelatihan, penambahan kolom tindakan medis pada SOAP di aplikasi H3IS, serta penyusunan dan penerapan SPO pengkodingan tindakan medis pada aplikasi H3IS.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSabran, SabranNIDN0020109104
Uncontrolled Keywords: kode tindakan medis, rekam medis elektronik, dan ICD-9CM
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 370 - Ilmu Keperawatan dan Kebidanan > 373 - Administrasi Rumah Sakit
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 353 - Kebijakan Kesehatan (dan Analis Kesehatan)
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Zaifatul Anelia
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:16
Last Modified: 08 Jan 2024 02:17
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29244

Actions (login required)

View Item View Item