Analisis Efisiensi Penggunaan Tempat Tidur Setiap Bangsal di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Pada Bulan Agustus – Oktober Tahun 2023

Junaida, Fathin Chamamah (2023) Analisis Efisiensi Penggunaan Tempat Tidur Setiap Bangsal di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Pada Bulan Agustus – Oktober Tahun 2023. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (178kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (142kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (67kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Pelayanan rawat inap dapat mempengaruhi tingkat efisiensi di rumah sakit yang bertujuan untuk mengobati pasien yang sedang sakit. Berdasarkan perhitungan 4 parameter efisiensi penggunaan tempat tidur pada bulan Agustus-Oktober 2023, nilai BOR 67,6%, nilai AvLOS 3,9 hari, nilai TOI 1,8 hari, dan nilai BTO 15,7 kali. Keempat indikator tersebut, tingkat efisiensi penggunaan tempat tidur dengan menggunakan nilai ideal Depkes belum efisien pada nilai AvLOS dan BTO, sedangkan berdasarkan nilai ideal Barber Johnson belum efisien pada nilai BOR dan BTO. Jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan laporan ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan retrospektif yang bertujuan untuk mengetahui efisiensi penggunaan tempat tidur setiap bangsal di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang berdasarkan indikator grafik Barber Johnson pada bulan Agustus – Oktober tahun 2023. Cara analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dengan variabel efisiensi penggunaan tempat tidur. Berdasarkan penyajian grafik Barber Johnson setiap bangsalnya, titik perpotongan bangsal yang berada di dalam daerah efisien yaitu bangsal Baitul Izzah 2 dan Baitussalam 2. Nilai parameter efisiensi yang tidak menunjukkan titik perpotongan terjadi pada bangsal Baitul Izzah 1, Baitun Nisa 2, dan Baitus Syifa. Sedangkan pada titik perpotongan pada bangsal yang lain berada di luar daerah efisien.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPutra, Dony Setiawan HendycaNIDN0017128803
Uncontrolled Keywords: BOR, AvLOS, TOI, BTO, Barber Johnson, Efisien
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 351 - Kesehatan Masyarakat
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Fathin Chamamah Junaida
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:09
Last Modified: 12 Jan 2024 07:09
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29218

Actions (login required)

View Item View Item