Pengaruh Curah Hujan Terhadap Produksi Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Di PT. Dwi Mitra Adhiusaha Kota Sampit Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah

Hafiz, Muhammad Fahmi Fairuz (2021) Pengaruh Curah Hujan Terhadap Produksi Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Di PT. Dwi Mitra Adhiusaha Kota Sampit Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (79kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (11kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
Muhammad Fahmi Fairuz Hafiz_Laporan TugasAkhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq) merupakan salah satu komoditas tanaman perkebunan yang memiliki peran sangat penting bagi Indonesia. Curah hujan merupakan unsur dari iklim yang penting untuk diperhatikan. Curah hujan yang dikehendaki kelapa sawit sebesar 2000-2500 mm/tahun tanpa adanya bulan kemarau yang panjang. Karena jika terjadi kekeringan, tanah akan kekurangan air yang menyebabkan akar tanaman sulit menyerap mineral yang ada di dalam tanah sehingga pertumbuhan yang seharusnya optimal maka akan terjadi suatu kendala oleh sebab itu dengan adanya air dapat melarutkan unsur hara sehingga tersedia bagi tanaman khsusnya kelapa sawit. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui tingkat pengaruh curah hujan terhadap produksi TBS kelapa sawit di PT. Dwi Mitra Adhiusaha. Kegiatan ini dilakukan di PT. Dwi Mitra Adhiusaha Kalimantan Tengah pada bulan November 2020 sampai dengan Januari 2021. Kegiatan ini menggunakan data sekunder yang tersedia di administrasi kebun PT. Dwi Mitra Adhiusaha. Data sekunder untuk keperluan analisis meliputi data curah hujan kebun pada tahun 2015 sampai dengan 2019 dan data produksi TBS kelapa sawit dari bulan Juli 2016 sampai dengan bulan Juni 2020. Kegiatan ini menggunakan teknik analisis Regresi Linear Sederhana Dari hasil analisis yang dilakukan didapati regresi yang positif (+) artinya ada pengaruh yang sigifikan antara curah hujan terhadap kenaikan produksi dengan tingkat hubungan yang kuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTriwidiarto, CherryNIDN0019035904
Uncontrolled Keywords: Curah Hujan, Kelapa Sawit, Produksi TBS
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: Muhammad Fahmi Fairuz Hafiz
Date Deposited: 02 Jan 2024 03:39
Last Modified: 02 Jan 2024 03:40
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29117

Actions (login required)

View Item View Item