Desain Media Audiovisual Sebagai Media Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan dalam Bentuk Animasi 2 Dimensi di RSUD Dr. Saiful Anwar Malang

Anggraeni, Riana Fitria (2023) Desain Media Audiovisual Sebagai Media Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan dalam Bentuk Animasi 2 Dimensi di RSUD Dr. Saiful Anwar Malang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
1. Ringkasan_G41190260_Riana FA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (290kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. Bab 1 Pendahuluan_G41190260_Riana FA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (398kB)
[img] Text (Laporan lengkap)
3. Laporan Individu_G41190260_Riana FA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka_G41190260_Riana FA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (293kB)

Abstract

Pelayanan rawat jalan di RSUD Dr. Saiful Anwar memiliki 18 poli rawat jalan. Pendaftaran pasien rawat jalan dimulai dari pengambilan nomor antrian sampai pasien mendaftar di loket pendaftaran. Pengambilan nomor antrian untuk rawat jalan dapat dilakukan secara offline dengan cara datang langsung ke RSUD Dr. Saiful Anwar atau secara online melalui aplikasi “Antrian Poliklinik RSSA” atau “Mobile JKN”. Pengambilan nomor antrian secara offline di RSUD Dr. Saiful Anwar melalui mesin anjungan yang tersedia di ruang tunggu pasien rawat jalan. Selain itu ditemukan pasien yang merasa bingung untuk menuju poli tujuan dikarenakan pasien tidak mengetahui letak poli. Meskipun sudah terpasang petunjuk arah poliklinik, hal tersebut masih diabaikan oleh pasien. Berdasarkan hasil observasi, pada bgian lobby RSUD Dr. Saiful Anwar terdapat Tempat Layanan Informasi (TLI), tetapi keberadaanya kurang optimal karena pasien kurang memahami fungsi dari adanya TLI. lain yang ditemukan pada pendaftaran pasien rawat jalan adalah masih terdapat beberapa pasien yang tidak menyiapkan administrasi secara lengkap. Oleh karena itu perlu adanya sebuah media informasi yang dapat memudahkan pasien dalam memperoleh informasi. Supaya informasi yang disampaikan lebih menarik, maka peneliti merancang sebuah media audiovisual dengan tujuan untuk mengedukasi pasien melalui sarana yang interaktif. Media audiovisual yang dibuat berupa animasi 2 dimensi yang berisi gambar, ilustrasi dan peragaan pelaksanaan pendaftaran rawat jalan. Diharapkan media yang dihasilkan dapat memberikan informasi yang dapat membantu pasien mendapatkan pelayanan yang cepat dan tepat serta mengoptimalkan pelayanan rumah sakit.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPratama, Mudafiq RiyanNIDN0709058903
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 370 - Ilmu Keperawatan dan Kebidanan > 373 - Administrasi Rumah Sakit
660 - Rumpun Ilmu Seni, Desain dan Media > 706 - Desain > 708 - Desain Komunikasi Visual
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Riana Fitria Anggraeni
Date Deposited: 29 Nov 2023 01:46
Last Modified: 30 Nov 2023 01:32
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/28817

Actions (login required)

View Item View Item