Evaluasi Hospital Management Information System (HMIS) Bagian Pelaporan Rekam Medis Menggunakan Metode TAM di RSUP dr. Kariadi Semarang

Balqis, Maria (2023) Evaluasi Hospital Management Information System (HMIS) Bagian Pelaporan Rekam Medis Menggunakan Metode TAM di RSUP dr. Kariadi Semarang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (175kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (223kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
Maria Balqis_LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Hospital Management Information System (HMIS) adalah sebuah aplikasi sistem yang memperoses dan mengintegrasikan seluruh alur proses layanan dalam pengumpulan data, pengolahan data, penyajian informasi serta penyampaian informasi yang dibutuhkan untuk pelayanan rumah sakit. Bagian pelopran merupakan salah satu bagian terpenting dalam unit kerja rekam medis. Pelaporan berfungsi untuk mengolah data-data pasien, serta bagian untuk memberikan informasi. Pelaporan dibagi menjadi dua yaitu laporan internal dan eksternal. Berdasarkan data yang diperoleh pada HMIS bagian pelaporan RSUP dr Kariadi terdapat kendala pada laporan iternal yaitu pada data laporan mordibitas pasien masih di inputkan secara manual, hal itu tentu saja tidak efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi HMIS bagian pelaporan rekam medis menggunakan metode TAM di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Hasil dari evaluasi HMIS bagian pelaporan berdasarkan aspek presespsi Preceived Usefulness (Manfaat Pengguna) dalam HMIS bagian pelaporan memiliki manfaat yang cukup besar dalam membantu petugas saat menyusun laporan, namun masih ada fitur yang kurang lengkap, berdasarkan aspek presepsi Percevied Ease of Use (Presepsi Kemudahan) dalam HMIS bagian pelaporan dinilai petugas sedikit kesusahan dalam mengoprasikan sistem ini, hal ini mungkin terjadi dikarenakan faktor usia, Gambaran aspek presepsi Intention To Use (Kecenderungan perilaku untuk menggunakan suatu teknologi) dalam HMIS bagian pelaporan dinilai petugas cenderung berminat dalam memggunakan sistem HMIS ini dikarenakan dengan adanya sistem HMIS ini mempermudah tugas petugas pelaporan, namun petugas mengeluhkan dengan adanya fitur yang kurang lengkap.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuflihatin, IndahNIDN0728038301
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Hospital Management Information System (HMIS)
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Maria Balqis
Date Deposited: 27 Nov 2023 01:26
Last Modified: 27 Nov 2023 01:27
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/28800

Actions (login required)

View Item View Item