Teknologi Perbenihan Tanaman Mangga (Mangifera indica L.) di Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Cukurgondang Grati Pasuruan

Khumairoh, Arinda (2021) Teknologi Perbenihan Tanaman Mangga (Mangifera indica L.) di Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Cukurgondang Grati Pasuruan. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (88kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (173kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (11kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Praktek Kerja Lapang (PKL) di Politeknik Negeri Jember dilaksanakan pada semester V ketika mahasiswa yang berpendidikan Diploma sudah mencapai tahap akhir pembelajaran. Praktik Kerja Lapang (PKL) ini dilakukan di Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian Cukurgondang Grati Pasuruan mulai tanggal 12 Oktober 2020 sampai dengan 12 Februari 2021. PKL ini bertujuan untuk menyelesaikan tahap akhir pembelajaran sebagai mahasiswa Diploma. Mahasiswa diharapkan memperoleh keterampilan yang tidak hanya bersifat kognitif dan afektif, namun juga psikomotorik yang meliputi keterampilan fisik, intelektual, social dan manajerial. Selain itu meningkatkan ilmu pengetahuan tentang teknik Perbenihan Mangga, perbanyakan mangga secara grafting, perbanyakan manga melalui biji dan cangkok, tata cara pasca panen buah semusim dan tahunan. Politeknik Negeri Jember memiliki program yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa yaitu Praktek Kerja Lapang (PKL). Praktek Kerja Lapang dilaksanakan di IP2TP Cukurgondang yang meliputi tanaman hortikultura. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang adalah mahasiswa diharapkan terjun langsung dalam dunia kerja, terampil dan menambah pengalaman serta wawasan tentang tanaman hortikultura khususya tanaman mangga menggunakan tenik perbanyakan secara vegetatif dan generatif serta menghitung usaha tani. Grafting adalah teknik hortikultura dimana jaringan tanaman disambungkan untuk meneruskan pembesaran kedua tanaman tersebut. Bagian atas tanaman yang disambung tersebut dinamakan batang atas sementara bagian bawah disebut batang bawah. Teknik sambung merupakan teknik memperbanyak tanaman dengan cara menyelipkan batang atas ke dalam celah batang bawah. Hasil bibit adalah bibit kombinasi antara batang bawah asal biji dengan batang atas yang disambungkan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKusparwanti, Tri RiniNIDN0019026203
Uncontrolled Keywords: Teknologi Perbenihan Tanaman Mangga
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 167 - Teknologi Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > PKL
Depositing User: Arinda Khumairoh
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:32
Last Modified: 29 Sep 2023 03:33
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/28526

Actions (login required)

View Item View Item