Pengolahan Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) Beku Bentuk PD (Peeled Deveined) Soaking di PT ICS (Istana Cipta Sembada) Banyuwangi, Jawa Timur

Efendi, Achmad Faisyal Lutfi (2023) Pengolahan Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) Beku Bentuk PD (Peeled Deveined) Soaking di PT ICS (Istana Cipta Sembada) Banyuwangi, Jawa Timur. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (211kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (312kB)

Abstract

Magang merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa dengan tujuan untuk memberikan wawasan, pengalaman baru, keterampilan serta keahlian khusus pada bidangnya. PT Istana Cipta Sembada merupakan perusahaan swasta di Banyuwangi yang berfokus pada pengolahan seafood yaitu udang dan gurita yang dibersihkan untuk dibekukan dan dikemas dengan mempertahankan mutu. Produk unggulan salah satunya yaitu udang beku jenis PD (Peeled Devained) Soaking. Proses pengolahan udang beku jenis PD soaking, perendaman menjadi salah satu penentu kelancaran proses produksi udang PD untuk tahap selanjutnya. Tujuan khusus dalam pelaksanaan magang pada PT Istana Cipta Sembada yaitu untuk mengetahui dan menerapkan proses pengolahan udang beku khususnya produk berjenis PD (Peeled Devained) Soaking. Mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi pada permasalahan yang terjadi di dalam proses soaking pada PT Istana Cipta Sembada. PD (Peeled Deveined) Soaking yaitu salah satu jenis produk yang terdapat di PT Istana Cipta Sembada. Jenis produk ini terbuat dari udang yang dipotong kepala, kupas kulit dan cukit usus, serta membuang kulit ekor sehingga menyisakan dagingnya saja untuk kemudian dilakukan perendaman (Soaking). Perendaman menggunakan larutan non-fosfat dan fosfat untuk menambah berat pada udang dengan waktu yang telah ditentukan. Udang yang telah di soaking akan menjadi produk udang yang bersih, kenyal, dan berukuran besar. Soaking merupakan tahap penting untuk kelancaran proses pengolahan udang. Udang akan di rendam menggunakan larutan STPP dengan tujuan untuk menambah volume dan memperbaiki tekstur pada udang dengan batas perendaman yang telah ditentukan. Tahapan-tahapan dalam proses produksi udang beku bentuk PD (Peeled Devained) Soaking yakni penerimaan bahan baku, pemotongan kepala, sortasi, pengupasan kulit dan cukit usus, sortasi final, perendaman (Soaking), pembekuan, pengemasan, dan penyimpanan. Soaking dilakukan menggunakan mesin stering selama 5 jam dan dilanjutkan perendaman selama 16 jam. Soaking dimulai dengan pergantian air hingga pencampuran larutan. Pencampuran larutan sesuai dengan aturan yang telah ada akan menghasilkan produk yang sesuai keinginan perusahaan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWardani, Dyah KusumaNIDN0007078706
Uncontrolled Keywords: Pengolahan Udang Vaname (Litopenaeus vannamei)
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Achmad Faisyal Lutfi Efendi
Date Deposited: 29 Sep 2023 00:54
Last Modified: 29 Sep 2023 00:54
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/28511

Actions (login required)

View Item View Item