Proses Pengolahan Media Tanam Pada Budidaya Tanaman Kedelai Edamame Pt. Mitratani Dua Tujuh di Desa Lengkong Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember

Mukarram, Rizal (2023) Proses Pengolahan Media Tanam Pada Budidaya Tanaman Kedelai Edamame Pt. Mitratani Dua Tujuh di Desa Lengkong Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Magang adalah kegiatan mahasiswa untuk belajar bekerja praktis pada perusahaan/industri/instansi dan/atau unit bisnis strategis lainnya yang diharapkan dapat menjadi sarana penerapan keterampilan dan keahlian mahasiswa. Mahasiswa akan memperoleh keterampilan yang tidak hanya bersifat kognitif dan afektif, namun juga psikomotorik yang meliputi keterampilan fisik, intelektual, sosial dan manajerial. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pengalaman kerja kepada mahasiswa dengan cara ikut bekerja sehari-hari pada perusahaan/industri/instansi dan/atau unit bisnis strategis lainnya yang layak dijadikan lokasi Magang. PT. Mitratani Dua Tujuh merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak di bidang agroindustri sayuran beku dengan komoditas utama kedelai Jepang atau edamame. Namun saat ini sudah berkembang sehingga juga memproduksi okra, buncis, sweet potato (ubi jalar), dan jusme (minuman sari edamame). Pabrik dan kantor perusahaan berlokasi di Jalan Brawijaya No. 83, Kelurahan/ Desa Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Kacang kedelai (Glycine max L.) merupakan tanaman pangan yang dapat diolah dalam berbagai olahan makanan di mana Negara Indonesia memiliki banyak varietas atau jenis tanaman kedelai baik varietas lokal maupun impor. Kedelai edamame (Glycine max L.) Merril) adalah tanaman yang berasal dari Jepang. Menurut bahasa Jepang, “eda” berarti cabang dan “mame” berarti kacang, sehingga dapat diartikan sebagai buah yang tumbuh dibawah cabang (branched bean) (Miles, et al. 2000). Tanaman ini dapat dibudidayakan di daerah tropis dan wilayah Kabupaten Jember termasuk daerah dengan dataran rendah beriklim panas dan curah hujan yang relatif tinggi. Kedelai edamame yang dihasilkan oleh PT. Mitratani Dua Tujuh Kabupaten Jember memiliki keunggulan dari segi rasa dan kesegaran produknya sehingga diminati di pasar internasional seperti Jepang, Amerika Serikat hingga Thailand. Pada proses budidaya edamame sendiri terdiri dari pemilihan lahan, persiapan lahan, penanaman, pengairan, pemupukan, pemasangan yellow trap, penyiangan dan tutup blok, pemeliharaan hama dan penyakit dan panen. Sedangkan proses pengolahan edamame terdiri dari penerimaan bahan baku, proses screaning, washing, grading, blanching, colling, IQF, cold storage, final sorting, packing, stuffing. Proses pengolahan media tanam adalah penyiapan lahan untuk benih yang akan ditanam dan merupakan tahap paling penting untuk menciptakan lingkungan yang baik untuk tanaman sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas dari hasil panen yang akan diperoleh. Penyiapan lahan yang baik dapat memberikan kondisi yang ideal bagi pertumbuhan tanaman. Kegiatan penyiapan lahan dimulai dari pemilihan lahan, pembukaan tanah, pembuatan saluran dan got, pembuatan bedengan, hingga tahap pengairan pertama saat benih akan ditanam.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPongoh, Ida Adha AnrosanaNIDN0012127502
Uncontrolled Keywords: Budidaya, Kedelai Edamame, Media Tanam, Pengolahan
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Rizal Mukarram
Date Deposited: 21 Sep 2023 01:21
Last Modified: 21 Sep 2023 01:36
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/28481

Actions (login required)

View Item View Item