“Perawatan Mesin Pengolahan (Vispulper dan Raungwasher) Biji Kopi Robusta PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Kaliselogiri Banyuwangi

Huzein, Ramdan (2022) “Perawatan Mesin Pengolahan (Vispulper dan Raungwasher) Biji Kopi Robusta PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Kaliselogiri Banyuwangi. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
LAPORAN PKL PRINT bandel-5-6.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (58kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
LAPORAN PKL PRINT bandel-13-17.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (136kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
LAPORAN PKL PRINT bandel-58.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (54kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN PKL LENGKAP UPLOAD.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan Magang bertujuan untuk meningkatkan wawasan pengetahuan, pemahaman, keterampilan serta pengalaman kerja bagi mahasiswa mengenai kegiatan di dalam perusahaan atau industri pertanian. Pemahaman tentang teknologi di dunia industri diharapkan dapat menunjang pengetahuan secara teoritis dan praktikum yang didapat di bangku kuliah. Dalam kegiatan Magang mahasiswa dapat mengetahui proses pembuatan produk kopi mulai dari pemanenan hingga produk siap kirim. Magang dilaksanakan di PTPN XII Kebun Kaliselogiri Banyuwangi. Kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) ini dilaksanakan selama 4 bulan, dimulai dari tanggal 05 September sampai dengan 23 Desember 2022. Metode yang digunakan dalam Magang adalah metode observasi, penerapan kerja, studi pustaka, wawancara dan penyusunan laporan. Proses pulping di mesin Vispulper bertujuan untuk mengupas dan memisahkan kulit gelondong pada biji kopi.Proses pengupasan terjadi karena adanya gesekan antara bubble plat dengan pisau, dimana kulit gelondong dapat terkelupas dan dapat dipisahkan. Proses penggilingan dibantu dengan air supaya biji kopi tidak pecah saat penggilingan dan juga membantu menghilangkan kulit gelondong pada Hs.basah. Biji kopi hasil Vispulper adalah biji Hs.Basah atau biji kopi yang masih berkulit tanduk dimana Hs.basah masih berlendir dan kulit gelondong terkadanga masih terikut di Hs.Basah, nantinya akan dibersihkan di raung washer. Pada mesin pengolahan kopi memerlukan perawatan yang harus dilakukan dengan rutin salah satuunya mesin Vispulper dan raungwasher. Perawatan yang dilakukan adalah perawatan harian dan perawatan berkala yang mana kalau perawatan harian meliputi perawatan menjaga kebersihan mengecek komponen mesin. Sedangkan perawatan berkala meliputi penggantian komponen jika rusak, Pentingnya perawatan mesin pengolahan adalah Agar saat proses pengolahan tidak terjadi lecet yang melebihi SOP pada biji kopi.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSupriyono, SupriyonoNIDN003110590
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 167 - Teknologi Perkebunan
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > PKL
Depositing User: Ramdan Huzein
Date Deposited: 30 Aug 2023 06:28
Last Modified: 30 Aug 2023 06:30
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/28379

Actions (login required)

View Item View Item