Klasifikasi Parameter Tubuh Sapi Bali Jantan Muda Berdasarkan Standar Nasional Indonesia di Breeding Center Pulukan BPTU-HPT Denpasar

Karomi, Ahmad Daniyal (2023) Klasifikasi Parameter Tubuh Sapi Bali Jantan Muda Berdasarkan Standar Nasional Indonesia di Breeding Center Pulukan BPTU-HPT Denpasar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (102kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (48kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (111kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

BPTU-HPT Denpasar adalah merupakan perusahaan terkenal yang bergerak di bidang peternakan sapi Bali dan hijauan pakan ternak. BPTU-HPT Denpasar dengan produksi utamanya bibit ternak unggul sapi Bali yang telah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia seperti diantaranya Jawa, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan dan Papua. Indonesia kaya akan sumber genetik ternak sapi pedaging nasional. Pengukuran tubuh dilakukan agar mudah mengontrol pertumbuhan untuk setiap ternak, aspek pengukuran meliputi diantaranya tinggi pundak (TP), panjang badan (PB), lingar dada (LD) dan lingkar skrotum (LS). Studi pengamatan ini bertujuan untuk mengetahui kualitas terhadap kesesuaian ukuran tubuh bibit sapi Bali jantan muda umur 12 bulan dengan SNI 7651-4:2020. Pengamatan dilakukan pada tanggal 1 September – 31 Desember 2021 di Breeding Center Pulukan BPTU-HPT Denpasar, di Desa Pangyangan, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali. Pengamatan dilakukan pada 38 ekor sapi Bali Jantan muda umur 12 bulan. Paramater pengamatan sesuai SNI 7651-4:2020, yaitu tinggi pundak, panjang badan, lingkar dada dan lingkar skrotum. Hasil data pengukuran dikelola dalam bentuk tabel lalu ditabulasi dan dianalisis secara deskriptif. Hasil studi pengamatan disimpulkan bahwa Sapi Bali jantan muda dari 38 ekor umur 12 bulan di Breeding Center Pulukan BPTU-HPT Denpasar Bali, pada tinggi pundak, panjang badan, lingar dada dan lingkar skrotum diperoleh rata-rata ukuran diatas standar syarat minimum ukuran tubuh kelas I berdasarkan SNI 76514:2020. Persentase ukuran tubuh sapi Bali jantan muda umur 12 bulan berdasaran SNI 7651-4:2020 diperoleh pada tinggi pundak kelas I sebanyak 73%, kelas II 5% , kelas III 18%, panjang badan kelas I sebanyak 78%, kelas III 18%, lingkar dada kelas I sebanyak 73%, kelas II 2%, kelas III 13%, dan pada lingkar skrotum kelas I sebanyak 71%, kelas II 18%, kelas III 10%. Dari hasil studi pengamatan dapat menunjukkan bahwa kualitas sapi Bali jantan muda di Breeding Center Pulukan BPTU-HPT Denpasar, sangat baik dan telah memenuhi bahkan melebihi standar ukuran tubuh beradasarkan SNI 7651-4:2020.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKustiawan, ErfanNIDN0009097601
Uncontrolled Keywords: Parameter Tubuh Sapi Bali Jantan Muda Berdasarkan Standar Nasional Indonesia
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 211 - Ilmu Peternakan
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Ahmad Daniyal Karomi
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:41
Last Modified: 28 Aug 2023 03:42
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/28317

Actions (login required)

View Item View Item