Manajemen Pemeliharaan Sapi Bali Jantan Muda di Breeding Center Pulukan Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Denpasar

Karomi, Ahmad Daniyal (2022) Manajemen Pemeliharaan Sapi Bali Jantan Muda di Breeding Center Pulukan Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Denpasar. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (93kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (193kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (178kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
NIM C31192230_Ahmad Daniyal Karomi_LAPORAN MAGANG..pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Breedeng Center Pulukan Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Denpasar yang berlokasi di Desa Pangyangan, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali merupakan salah satu peternakan sapi Bali yang menghasilkan produksi bibit ternak unggul sapi Bali yang menerapkan sistem perkandangan dan sistem penggembalaan didalam paddock. Selain sistem perkandangan dan sistem penggembalakan di paddock tersebut tentunya juga harus didukung dengan ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas dan terampil dalam bidang peternakan. Sebagai mahasiswa dibidang peternkan, perlu dikaji antara teori dengan kondisi aktual di dunia industri. Praktek kerja lapang dilakukan mulai tanggal 1 September hingga 31 Desember 2021 di Breedeng Center Pulukan Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Denpasar. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1976 oleh Pemerintah Daerah Provinsi Bali, sesuai dengan SK Menteri Pertanian No.776/Kpts/Um/12/1976. untuk meningkatkan dan memperbaiki mutu sapi Bali dengan sistem pemeliharaan didalam kandang dan penggembalaan didalam paddock. Kegiatan praktek kerja lapang di BPTU-HPT Denpasar dibagi menjadi tiga bagian yaitu pengawas bibit ternak (WASBITNAK) yang meliputi perawatan ternak, pengukuran dimensi tubuh ternak, pemasangan eartag, penyapihan. Pengawas mutu pakan (WASTUKAN) meliputi pembibitan hijauan pakan ternak, budidaya hijauan pakan ternak, pengolahan, pendistribusian pakan ternak. Kesehatan hewan (Medik) yang meliputi pengendalian penyakit dan pengobatan ternak yang sakit.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKustiawan, ErfanNIDN0009097601
Uncontrolled Keywords: Pemeliharaan Sapi Bali Jantan Muda
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 211 - Ilmu Peternakan
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > PKL
Depositing User: Ahmad Daniyal Karomi
Date Deposited: 28 Aug 2023 08:12
Last Modified: 28 Aug 2023 08:15
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/28316

Actions (login required)

View Item View Item