Identifikasi Hasil Galur Harapan Sorgum Manis (Sorghum bicolor (L) Moench) Generasi M7 di Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi Badan Tenaga Nuklir Nasional

Khadafi, Mu'ammar (2020) Identifikasi Hasil Galur Harapan Sorgum Manis (Sorghum bicolor (L) Moench) Generasi M7 di Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi Badan Tenaga Nuklir Nasional. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RIngkasan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (114kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
Bab 1. Pendahuluan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (115kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
A41161669_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)

Abstract

Sorgum (Sorghum bicolor (L) Moench) merupakan salah salah satu jenis tanaman serealia yang mempunyai potensi besar untuk dikembangkan di Indonesia karena mempunyai daya adaptasi yang luas. Tanaman sorgum toleran terhadap kekeringan dan genangan air, dapat berproduksi pada lahan marginal, serta relatif tahan terhadap gangguan hama dan penyakit. Biji sorgum dapat digunakan sebagai bahan pangan serta bahan baku industri pakan dan pangan, seperti tepung, pati. Selain biji, batang sorgum dapat digunakan sebagai bahan dasar industri, monosodium glutamat (MSG), asam amino, dan industri minuman. Dengan kata lain, sorgum merupakan komoditas pengembang untuk diversifikasi industri secara vertikal. Kegiatan budidaya galur mutan harapam sorgum manis generasi M7 di Pusat Aplikasi Isotop Radiasi BATAN dilakukan untuk menemukan galur yang stabil dan memiliki hasil pangan maupun nira yang tinggi. Galur mutan harapan yang dipakai adalah yang dipakai adalah Pair 1, Pair 2, Pair 3, Pair 4, Pair 5, Pair 6, Pair 7, Pair 8, Pair 9, dan sebagai pembanding digunakan varietas sorgum nasional yaitu Samurai 1, Varietas Pahat, Varietas Kawali. Kegiatan budidaya tanaman sorgum ini sama seperti penanaman tanaman jagung, dapat dilakukan di lahan marjinal yang rawan terjadi kekeringan. Namun yang harus diperhatikan dalam penanaman sorgum manis adalah serangan hama di saat fase vegetative dan serangan burung di saat fase generative atau fase masak biji. Kegiatan ini difokuskan untuk mencari galur terbaik agar dapat diajukan dalam siding pelepasan tanaman. Aplikasi irradiasi sinar gamma pada tanaman sorgum ditujukan untuk menginduksi mutasi agar muncul sifat atau karakter yang diinginkan sesuai harapan perbaikan varietas tanaman. Kegiatan PKL bertujuan untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan mengenai proses irradiasi tanaman sorgum, membentuk galur yang terbaik beserta kegiatan mengenai budidaya tanaman sorgum manis di Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi. Kegiatan PKL dilakukan di Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi yang dilaksanakan selama 6 bulan yang dimulai Tanggal 16 Juli sampai dengan 6 Januari 2020 di lahan bagian pertanian yang beralamat di Lebak Bulus Raya No.49, RT.3/RW.2, Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRahmawati, DwiNIDN0031087607
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 156 - Pemuliaan Tanaman
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Benih > PKL
Depositing User: Muammar Khadafi
Date Deposited: 25 Aug 2023 01:32
Last Modified: 25 Aug 2023 01:32
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/28276

Actions (login required)

View Item View Item