Pemantauan Kemasan Pintar Dari Ekstrak Kulit Buah Naga Terhadap Nilai Angka Lempeng Total Fillet Ikan Gurami (Osphronemus Gourami Lac.)

Maharani, Melisa Puspita (2020) Pemantauan Kemasan Pintar Dari Ekstrak Kulit Buah Naga Terhadap Nilai Angka Lempeng Total Fillet Ikan Gurami (Osphronemus Gourami Lac.). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
07. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (288kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (305kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (415kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
20. B32161101_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Ikan gurami (Osphronemus gourami Lac.) merupakan salah satu ikan yang sangat banyak dikonsumsi dan memiliki umur simpan yang relatif pendek tanpa penanganan khusus. Kandungan protein dan kadar air yang tinggi merupakan penyebab ikan menjadi lebih cepat busuk karena mudah di tumbuhi mikroba. Total mikroba (total plate count) dapat dijadikan sebagai parameter kemunduran mutu pada ikan gurami. Kemasan pintar atau smart packaging dapat menjadi solusi untuk memonitoring kualitas dan keamanan produk pangan selama proses penyimpanan. Indikator pada kemasan pintar yang menunjukkan adanya perubahan warna dapat digunakan sebagai pemberi informasi kepada konsumen mengenai kondisi kesegaran pada bahan pangan selama proses penyimpanan. Pengembangan indikator dari bahan-bahan alami sebagai alternatif pengganti indikator menggunakan pewarna alami saat ini telah banyak dikembangkan, salah satunya adalah dari ekstrak kulit buah naga (Hylocereus polyrhizus). Indikator alami ekstrak kulit buah naga dapat memberikan perubahan warna sehingga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan kemasan pintar. Kelebihan penggunaan pewarna alami adalah bahan mudah didapat, harga terjangkau, dan ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kestabilan warna dari kemasan pintar yang mengandung ekstrak kulit buah naga dan untuk mengetahui hubungan antara perubahan warna kemasan pintar terhadap nilai TPC pada fillet ikan gurami. Analisa data pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pengulangan untuk pengambilan data sebanyak dua kali pengulangana. Hasil penelitian menunjukkan indikator dari ekstrak kulit buah naga mengalami perubahan warna yang signifikan pada penyimpanan hari ke-4 dari berwarna merah muda keunguan menjadi kekuningan dengan nilai ΔE (selisih L,a, dan b) 33,19 yang berkorelasi dengan nilai total mikroba sebesar 7.20 Log cfu/gr.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNagara, Ardiansyah SuryaNIDK8882110016
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 168 - Bioteknologi Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 23 Aug 2023 03:19
Last Modified: 23 Aug 2023 03:19
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/28237

Actions (login required)

View Item View Item