Muchtar, Umar (2023) Analisis Usaha Keripik Bawang Ketela Ungu Rasa Barbeque Di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Ringkasan)
D31202572 UMAR MUCHTAR-RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (12kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
D31202572 UMAR MUCHTAR-LAPORAN TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
D31202572 UMAR MUCHTAR-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (206kB) |
|
Text (Ringkasan)
D31202572 UMAR MUCHTAR-RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (12kB) |
Abstract
Tujuan tugas akhir ini adalah melaksanakan proses produksi, menganalisis usaha serta menentukan pemasaran keripik bawang ketela ungu rasa barbeque. Tugas akhir dilakukan selama 4 bulan yaitu mulai tanggal 1Agustus 2022 sampai tanggal 31 November. Proses produksi dilakukan 4 kali, 1 kali proses produksi menghasilkan 28 kemasan, proses produksi selama tugas akhir dilaksanakan sebanyak 4 kali, artinya dalam pelaksanaan tugas akhir ini telah menghasilkan total produk sebanyak 112 kemasan. Proses 1 kali produksi membutuhkan waktu 6 jam dan tenaga kerja yang dibutuhkan selama proses produksi hanya 1 orang. Pemasaran dilakukan dengan metode bauran pemasaran 4P (Produc, price, place, promotion), dengan rata rata produk yang terjual yaitu sebesar 28 kemasan dalam satu kali proses produksi atau sudah melebihi nilai dari BEP (produk), dan harga jual produk sebesar Rp. 10.000/ kemasan. Metode analisis yang digunakan adalah Break Event Point (BEP), Revenue Cost Ratio (R/C Ratio) dan Return On Investmen (ROI) jumlah pendapatan yang diterima dan tingkat kembalinya modal, dari pelaksanaan tugas akhir yang dilakukan didapatkan hasil dari data BEP (produksi) sebesar 21,22 kemasan dari total produksi sebesar 28 kemasan dan BEP (harga) Rp. 7.577,68/ kemasan dengan harga jual sebesar Rp. 10.000/ kemasan, dan harga jual pengencer warung klontong mak eni Rp. 12.000, R/C Ratio dengan hasil 1,32 dan ROI sebesar 7,51%. Saluran pemasaran yang digunakan yaitu pemasaran langsung dan tidak langsung. Dimana pemasaran secara langsung kepada konsumen terjual 77 kemasan dengan promosi melalui media sosial seperti WhatsApp dan Instagram, dan pemasaran tidak langsung menitipkan kepada pengencer warung kelontong mak Eni terjual 35 kemasan. Kata Kunci : Analisis usaha, keripik bawang, ketela ungu, rasa barbrque
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisa, Keripik Bawang Ketela Ungu, Rasa Barbeque | ||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Umar Muchtar | ||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2023 02:27 | ||||||
Last Modified: | 21 Aug 2023 03:52 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/28125 |
Actions (login required)
View Item |