Analisis Usaha Budidaya Kangkung Darat Secara Hidroponik Menggunakan Sistem Wick di Desa Ajung Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember

Hidayatullah, Yonica Bagas (2023) Analisis Usaha Budidaya Kangkung Darat Secara Hidroponik Menggunakan Sistem Wick di Desa Ajung Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (ABSTRAK)
8. ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (37kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
12. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (41kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (99kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
D31181629_LAPORAN TA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kangkung darat merupakan salah satu tanaman hortikultura yang sangat popular dikalangan masyarakat Indonesia karena rasanya yang enak. Kangkung mudah diolah dan biasanya dibuat menjadi tumisan, cah atau lalap. Sistem yang digunakan dalam menanam kangkung adalah hidroponik dengan sistem wick yang memanfaatkan sumbu sebagai penghubung antara larutan nutrisi pada bak air tanam dengan media tanam. Tujuan pelaksanaan tugas akhir ini adalah mampu melakukan proses produksi, melakukan analisis usaha dan dapat memasarkan produk. Pelaksanaan Tugas Akhir ini berlangsung selama 3 bulan dimulai 5 Mei 2023 hingga 10 Juli 2023 yang bertempat di Desa Ajung Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Terdapat alat dan bahan yang digunakan dalam proses produksi budidaya seperti benih kangkung darat, bak tampung, TDS meter, PH meter dan alat-alat lainnya untuk memaksimalkan proses budidaya kangkung. Pada Tugas Akhir ini terdapat tiga cara analisis yang dipakai, yakni Break Event Point (BEP), Revenue Cost Ratio (R/C Ratio), dan Return on Investment (ROI). Lalu hasil perhitungan analisis dari pelaksanaan usaha budidaya kangkung darat hidroponik sistem wick ini diketahui BEP (produk) sejumlah 28 bungkus dari jumlah produksi sebanyak 35 bungkus, BEP harga senilai Rp 6.538 per bungkus dengan harga jual yakni Rp 8.000 per bungkus, R/C ratio senilai 1,22 dan ROI sebesar 8,39 %. Melalui hasil analisis tersebut dapat dikatakan Usaha Budidaya Kangkung Darat Secara Hidroponik Menggunakan Sistem Wick di Desa Ajung Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember adalah menguntungkan sehingga layak untuk dijalankan menjadi suatu ide usaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorLestari, DatikNIDN0001089108
Uncontrolled Keywords: Analisis usaha, sistem wick, hidroponik, kangkung
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Yonica Bagas Hidayatullah
Date Deposited: 15 Aug 2023 06:36
Last Modified: 15 Aug 2023 06:36
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27958

Actions (login required)

View Item View Item