Pengaruh Defoliasi Daun dan Waktu Detasseling Terhadap Produksi dan Mutu Benih Jagung Manis Hibirda (Zea mays saccharata Sturt)

Nafisah, Siti (2023) Pengaruh Defoliasi Daun dan Waktu Detasseling Terhadap Produksi dan Mutu Benih Jagung Manis Hibirda (Zea mays saccharata Sturt). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak .pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (14kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (19kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Puastaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (99kB)

Abstract

Salah satu upaya dalam meningkatkan produksi dan mutu benih jagung manis dapat dilakukan dengan perlakuan defoliasi daun dan waktu detasseling. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh perlakuan Defoliasi daun dan waktu detasseling terhadap peningkatan produksi dan mutu benih jagung manis hibrida (Zea mays saccharata Sturt). percobaan ini dilaksanakan pada bulan Agustus - Desember 2022 di Jl. Ahmad Yani - desa Wringintelu-kec. Puger - kab. Jember. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial yang terdiri dari dua faktor dan diulang sebanyak 3 kali. Faktor pertama adalah Defoliasi daun (D), yang terdiri dari: tanpa Defoliasi daun (D1), Defoliasi 2 helai daun (D2), dan Defoliasi 4 helai daun (D3). Faktor kedua adalah waktu Detasseling (W), yang terdiri dari: 48 HST (W1), 50 HST (W2), dan 52 HST (W3). Hasil yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan analisis Uji F ANOVA (Analysis of Variance) kemudian dilakukan uji lanjut Uji DMRT taraf 5% apabila perlakuan menunjukkan perbedaan yang nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan Defoliasi daun (D) memberikan pengaruh berbeda nyata (*) terhadap parameter jumlah benih, produksi benih per tongkol dan kecepatan tumbuh benih, berbeda sangat nyata (**) terhadap parameter berat tongkol dan panjang tongkol. Sedangkan perlakuan waktu detasseling (W) memberikan pengaruh berbeda sangat nyata (**) terhadap parameter berat tongkol, jumlah benih dan produksi benih per hektar. Interaksi perlakuan beberapa Defoliasi daun dan waktu detasseling memberikan pengaruh berbeda nyata (*) terhadap parameter panjang tongkol, daya berkecambah dan kecepatan tumbuh benih, berbeda sangat nyata (**) terhadap parameter berat tongkol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRahmawati, DwiNIDN0031087607
Uncontrolled Keywords: Jagung manis hibrida, Defoliasi daun, waktu detasseling, Produksi benih
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Benih > Tugas Akhir
Depositing User: Siti Nafisah
Date Deposited: 11 Aug 2023 08:53
Last Modified: 11 Aug 2023 08:54
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27918

Actions (login required)

View Item View Item