Evaluasi Penambahan Mineral Agromix Booster Sapi Terhadap Pertambahan Bobot Badan Sapi Peranakan Ongole Di PT. Agromix Lestari Kabupaten Sleman - Yogyakarta

Lathief, ildan Anshor (2023) Evaluasi Penambahan Mineral Agromix Booster Sapi Terhadap Pertambahan Bobot Badan Sapi Peranakan Ongole Di PT. Agromix Lestari Kabupaten Sleman - Yogyakarta. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (128kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (135kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sapi potong merupakan sumber daging ruminansia terbesar dalam negeri sehingga usaha ini berpotensi menjadi usaha yang menguntungkan. Pengembangan agribisnis peternakan sangat berkaitan erat dengan pakan terutama hijauan bagi ternak sapi hampir sekitar 70% dari keberhasilan usaha agribisnis peternakan ditentukan oleh lingkungannya yang paling utama adalah pakan dan 30% adalah genetik (Bamualim, 2010) Penelitian ini bertujuan mengetahui konsumsi pakan, pertambahan bobot badan, dan konversi pakan sapi peranakan ongole yang diberikan tambahan suplemen Agromix booster sapi di PT. Agromix Lestari. Metode yang dilakukan dalam pengamatan ini adalah mengumpulkan data primer dan sekunder, pengumpulan data primer yang dilakukan yaitu dengan ikut dalam pemeliharaan, pemberian pakan, pada sapi serta melakukan penimbangan bobot badan sapi selama 92 hari. Data sekunder diperoleh dengan cara menyalin recording dari admin kandang yang meliputi pertambahan bobot badan sapi (PO) peranakan ongole serta melakukan pengumpulan data sekunder yang diperoleh melalui sumber-sumber literatur yang relevan. Pengamatan ini dilaksanakan selama 3 bulan yaitu pada tanggal 01 Oktober sampai dengan 31 Desember 2021 dan berlokasi di PT Agromix Lestari Jln. Kalijeruk No.04/06, Area sawah, Widomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di PT. Agromix Lestari, Sleman- Yogyakarta disimpulkan bahwa pemberian pakan dengan campuran mineral agromix booster belum mencukupi terhadap konsumsi BK sapi yang hanya menghasilka rata-rata konsumsi BK sebesar 8,67 kg BK/ekor/hari, namun terjadi pertambahan bobot badan dengan rata-rata 0,71 kg/ekor/hari akibat tingginya nilai protein kasar pada pakan dengan rata-rata sebesar 1,11 kg PK/ekor/hari, serta konversi pakan (FCR) yang cukup baik dengan rata-rata sebesar 12,21%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWulandari, SuciNIDN0021086704
Uncontrolled Keywords: api Peranakan Ongole, PT. Agromix Lestari
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Wildan Anshor Lathief
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:07
Last Modified: 11 Aug 2023 07:08
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27901

Actions (login required)

View Item View Item