Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pada Budidaya Melon Golden Langkawi (Cucumis melo L.) Di UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan Dan Hortikultura (UPT PATPH) Lebo-Sidoarjo

Farobi, Sabdanial Aldi (2023) Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pada Budidaya Melon Golden Langkawi (Cucumis melo L.) Di UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan Dan Hortikultura (UPT PATPH) Lebo-Sidoarjo. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pada Budidaya Melon Golden Langkawi (Cucumis Melo L.) Di UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan Dan Hortikultura (UPT PATPH) Lebo-Sidoarjo, Farobi, Sabdanial Aldi, NIM D41190809, Tahun 2023, 70 hlm., Manajemen Agribisnis, Politeknik Negeri Jember, Dr. Dhanang Eka Putra, S.P., M.Sc (Pembimbing). Politeknik Negeri Jember merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasional, yaitu suatu program pendidikan yang mengarahkan proses belajar mengajar pada tingkat keahlian dan mampu melaksanakan serta mengembangkan standar-standar keahlian secara spesifik yang dibutuhkan sektor industri. Politeknik Negeri Jember dalam mendukung hal tersebut merancang kegiatan magang yang merupakan persyaratan mutlak kelulusan. Pelaksanaan kegiatan magang ini dilaksanakan di UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (PATPH) yang membudidayakan produk hortikultura baik sayur maupun buah. Salah satu produk dari UPT PATPH adalah Melon Golden Langkawi. Banyaknya permintaan konsumen akan produk hortikultura terutama melon modern dan semakin sadarnya konsumen akan keamanan pangan membuat pada produksi Melon Golden Langkawi diperlukan Standar Operasional Prosedure (SOP) menjadi faktor utama sebagai standar tertulis yang digunakan untuk mendorong dan menggerakkan suatu kelompok untuk mencapai tujuan organisasi. Terdapat beberapa tahapan yaitu persiapan green house (persiapan green house, pengolahan tanah, pemasangan benang), persiapan bibit, penanaman (penanaman di lapang, pengairan), perawatan (perambatan dan pemangkasan, sanitasi kebun, pemupukan, pengendalian opt), panen, pasca panen. Pada setiap tahap menggunakan alat dan bahan serta prosedur tertentu. Dengan adanya Standar Operasional Prosedur dapat membantu tenaga kerja dalam mencapai produksi yang optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPutra, Dhanang EkaNIDN0010128306
Uncontrolled Keywords: SOP, Budidaya Melon Golden Langkawi, UPT PATPH
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Sabdanial Aldi Farobi
Date Deposited: 10 Aug 2023 01:45
Last Modified: 10 Aug 2023 01:46
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27809

Actions (login required)

View Item View Item