Uji Hasil Panen Antar Beberapa Varietas Tomat (Solanum lycopersicum L.) pada Program Trial Di PT. BISI Internasional Tbk. Farm Karangploso

Sholihah, Atik Ningbayatus (2023) Uji Hasil Panen Antar Beberapa Varietas Tomat (Solanum lycopersicum L.) pada Program Trial Di PT. BISI Internasional Tbk. Farm Karangploso. [Experiment] (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (75kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (30kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (79kB)

Abstract

Tomat merupakan salah satu komoditas hortikultura dalam negeri yang dikategorikan unggulan berdasarkan nilai ekonomis dan strategis. Tomat mempunyai potensi yang sangat tinggi untuk dibududayakan di Indonesia. Tergantung jenis atau varietasnya, tanaman ini dapat ditanam secara leluasa dari mulai dataran rendah sampai dataran tinggi. Permintaan pasar terhadap buah tomat dari tahun ke tahun terus meningkat yaitu pada tahun 2018 permintaan pasar tomat di Indonesia sebesar 976.772 ton mengalami peningkatan 4,46 % pada tahun 2019 sebesar 1.020.333 ton. Luas area budidaya tanaman tomat di Indonesia juga semakin bertambah 1,15 % dari 54.158 Ha pada tahun 2018 meningkat menjadi 54.780 Ha pada tahun 2019 (Direktorat Jenderal Hortikultura, 2020). Rendahnya produktivitas tomat di tingkat petani disebabkan petani kurang mendapatkan informasi mengenai kultur teknis tomat dan adanya hama penyakit, seringkali penggunaaan pestisida tidak sesuai dengan hama dan penyakit sasaran. Hal ini menyebabkan produksi rendah dan biaya pemakaian pestisida berlebihan. Permasalahan dalam budidaya tanaman juga muncul dengan adanya penyakit yang dapat mengurangi hasil panen. Pada budidaya tomat sering dijumpai penyakit layu bakteri dan layu fusarium yang mampu bertahan lama di dalam tanah (Suroto, 2021). Dengan adanya trial mampu memperoleh benih yang berkualitas dalam proses perakitan varietas baru. PT. BISI Internasional Tbk adalah salah satu perusahaan perbenihan nasional yang memproduksi benih unggul berupa benih hortikultura dan juga benih tanaman pangan jagung, dengan merk dagang Pesawat Terbang. Untuk menjaga keunggulan mutu produk yang dihasilkan, PT. BISI Internasional Tbk memiliki sebuah standar operasional kerja yang mutlak. Hal ini yang menjadi dasar agar mahasiswa mampu memperoleh pengalaman dan juga ilmu di bidang industri. Penerapan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan dengan cara melakakukan sebuah studi sederhana juga menjadi salah satu kegiatan yang ada dalam ruang lingkup MKI (Magang Kerja Industri), salah satu nya pada topik MKI yang telah dilakukan yaitu Uji Hasil Panen Antar Beberapa Varietas Tomat (Solanum lycopersicum L.) pada Program Trial. MKI (Magang Kerja Industri) dilaksanakan di greenhouse dan lahan produksi PT. BISI Internasional Tbk. Farm Karangploso yang berlokasi di Jl. Raya Ngijo Karangploso, desa Ngijo Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Magang Kerja Industri dilaksanakan selama 4 bulan yang dimulai tanggal 4 Maret sampai dengan 30 Juni.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSulistiyo, Nantil Bambang EkoNIDN0009106207
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 156 - Pemuliaan Tanaman
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Benih > Tugas Akhir
Depositing User: Atik Ningbayatus Sholihah
Date Deposited: 10 Aug 2023 07:30
Last Modified: 10 Aug 2023 07:31
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27771

Actions (login required)

View Item View Item