Prosedur Pelayanan Kasir Divisi Marketing di Teaching Factory Bakery and Coffee Politeknik Negeri Jember

Sholawati, Debi Aswinsyah (2021) Prosedur Pelayanan Kasir Divisi Marketing di Teaching Factory Bakery and Coffee Politeknik Negeri Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
05. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (154kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
10. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (422kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (153kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
F31180604_LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (909kB) | Request a copy

Abstract

Prosedur Pelayanan Kasir Divisi Marketing di Teaching Factory Bakery and Coffee Politeknik Negeri Jember, Debi Aswinsyah Sholawati, F31180604, 2021, 38 halaman, Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata, Politeknik Negeri Jember, Suyik Binarkaheni, S.Pd., M.Li (Dosen Pembimbing) dan Sri Santi Utami, A.Md (Pembimbing Lapang). Kota Jember merupakan salah satu kota di provinsi Jawa Timur yang dikenal akan wisata alam, budaya dan juga merupakan kota pendidikan. Banyaknya wisatawan dan para mahasiswa baik yang sedang berlibur atau menimba ilmu menjadikan kota ini dinamis dan berkembang. Hal tersebut menjadikan peluang bagi para pengusaha/industri untuk membuka usaha berupa resto. Resto tidak hanya identik sebagai tempat makan, namun sebagai tempat bersantai dan berkomunikasi. Program studi Bahasa Inggris yang merupakan salah satu Jurusan di Politeknik Negeri Jember yang berfokus untuk mengembangkan keterampilan siswa dalam berbahasa Inggris, berkomunikasi dan ilmu pariwisata. Selain itu, program studi Bahasa Inggris juga mengutamakan pada keahlian yang dapat diaplikasikan secara langsung oleh mahasiswa pada saat berada di dunia kerja. Sebagai pengetahuan dasar, mahasiswa program studi Bahasa Inggris dibekali dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan listening, reading, writing, dan speaking. Adapun mata kuliah yang dapat di aplikasi kan di dunia kerja seperti Public Speaking, English for Hotel & Restaurant, English for Secretary, Komputer, Kewirausahaan dan English for Bank. Sekaligus menjadi bekal kesiapan dan nantinya jika sudah selesai menempuh pendidikan. Selama PKL mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan untuk menyelesaikan serangkaian tugas di lokasi PKL. Salah satu tempat yang digunakan adalah Teaching Factory Bakery and Coffee. Alasan tempat ini dipilih untuk melaksanakan Program PKL karena selain adanya COVID-19 yang menyebabkan keterbatasan tempat lokasi PKL di daerah asal mahasiswa. Selama kegiatan PKL penulis menempati 2 (dua) posisi yaitu baker di Divisi Produksi Teaching Factory Bakery and Coffee Politeknik Negeri Jember adalah menyeleksi bahan, menimbang bahan, mencampur bahan, membentuk bahan, membentuk adonan, meletakan adonan, mengembangkan adonan, mengoven roti, mengangkat roti dari loyang, mendinginkan roti, memotong roti, mengemas roti.. Sedangkan ketika menjadi kasir di Divisi Marketing adalah menyambut pelanggan, menerima pesanan, mendata pesanan, melakukan suggestive selling, melayani transaksi dan pengemasan produk. Pengetahuan dan pengalaman diperoleh saat bekerja dan membantu staff bekerja secara individu dan dalam kerja tim. Durasi waktu PKL yang terbagi yaitu dalam 4 (lima) minggu pertama program PKL di divisi Produksi dan 12 (duabelas) minggu berikutnya di Divisi Marketing. Selama menjalankan Program Praktik Kerja Lapang, terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh penulis, seperti gugup pada saat melayani pelanggan dan kesalahan dalam proses transaksi. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, penulis mampu beradaptasi dengan kondisi lingkungan Teaching Factory Bakery and Coffee serta mengikuti arahan yang diberikan oleh staff di Teaching Factory Bakery and Coffee untuk mengatasi masalah yang terjadi.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBinarkaheni, SuyikNIDN0021097203
Uncontrolled Keywords: Prosedur Pelayanan Kasir Divisi Marketing
Subjects: 500 - Rumpun Ilmu Bahasa > 530 - Ilmu Bahasa Asing > 531 - Sastra (dan Bahasa) Inggris
Divisions: Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata > Prodi D3 Bahasa Inggris > PKL
Depositing User: DEBI ASWINSYAH SHOLAWATI
Date Deposited: 03 Mar 2021 01:31
Last Modified: 03 Mar 2021 06:47
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/2777

Actions (login required)

View Item View Item