Pengaruh Penambahan Ubi Jalar Kuning (Ipomoea Batatas L.) Terhadap Karakteristik Fisik Dan Organoleptik Kue Telur Gabus Ubi Jalar

Santi, Ira Mei (2023) Pengaruh Penambahan Ubi Jalar Kuning (Ipomoea Batatas L.) Terhadap Karakteristik Fisik Dan Organoleptik Kue Telur Gabus Ubi Jalar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (102kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (42kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan kue telur gabus dengan penambahan ubi jalar kuning dan perbedaan kerenyahan dan organoleptik kue telur gabus dari variasi presentase ubi jalar kuning yang ditambahkan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juli 2023 di Laboratorium Pengolahan Pangan Politeknik Negeri Jember, Laboratorium Produksi Ternak Politeknik Negeri Jember, ULPT Teknologi Hasil Pertanian, Universitas Neger Jember. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 1 faktor yang terdiri dari 7 perlakuan dengan 3 kali pengulangan. 7 taraf perlakuan diantaranya P0 (penambahan 0 gr ubi jalar), P1 (penambahan 25 gr ubi jalar), P2 (penambahan 50 gr ubi jalar), P3 (penambahan 75 gr ubi jalar), P4 (penambahan 100 gr ubi jalar), P5 (penambahan 125 gr ubi jalar), P6 (penambahan 140 gr ubi jalar). Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan uji sidik ragam ANOVA (Analysis of variance) dan dilanjutkan dengan uji DMRT taraf 5%. . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perlakuan penambahan ubi jalar kuning terhadap analisis tekstur (kekerasan), analisis warna lightness dan analisis warna redness kue telur gabus memberikan pengaruh berbeda nyata (F hitung ≥ F tabel 5%). Sedangkan perlakuan penambahan ubi jalar kuning terhadap analisis warna yellowness tidak berpengaruh nyata (F hitung ≤ F tabel 5%). Perlakuan penambahan ubi jalar kuning memberikan pengaruh berbeda nyata (F hitung ≥ F tabel 5%) terhadap hedonik warna, hedonik rasa, hedonik tekstur, mutu warna, mutu aroma, mutu rasa, dan mutu tekstur. Namun tidak memberikan pengaruh yang nyata (F hitung ≤ F tabel 5%) pada hedonik aroma.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSantoso, AgusNIDN0015086302
Uncontrolled Keywords: Ubi Jalar, Karakteristik Fisik Dan Organoleptik Kue Telur Gabus Ubi Jalar
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > PKL
Depositing User: Ira Mei Santi
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:24
Last Modified: 08 Aug 2023 06:25
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27716

Actions (login required)

View Item View Item