Implementasi Framework Laravel untuk Pengembangan Website Ipos Menggunakan Laravel 8 (Studi Kasus Avatar Solution Denpasar)

Maulana, Mochamad Satria (2022) Implementasi Framework Laravel untuk Pengembangan Website Ipos Menggunakan Laravel 8 (Studi Kasus Avatar Solution Denpasar). [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
1. Mochamad Satria Maulana - Ringkasan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (26kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. Mochamad Satria Maulana - Bab 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (264kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
3. Mochamad Satria Maulana - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Mochamad Satria Maulana - Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (72kB)

Abstract

Aplikasi yang dikembangkan di CV. Avatar Solution yaitu Aplikasi Point Of Sale atau biasa disingkat Ipos. Aplikasi Point Of Sale adalah salah satu layanan penting bagi para pelaku bisnis untuk mempermudah transaksi. Layanan ini merupakan satu titik yang menandakan bahwa transaksi antara penjual dan pembeli sudah selesai. peneliti mendapatkan gambaran terkait Ipos dimana aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang meggunakan platform android dengan Bahasa pemrograman yang digunakan adalah kotlin dengan keandalan dalam mengatasi masalah null pointer exception. Laravel juga dipilih sebagai service restfull API dimana token sudah support library passport sebagai security, selain itu ekosistem atau para penggunanya sudah sangat banyak sehingga mudah untuk mecari dokumentasi dan sharing di media online . Laravel adalah framework PHP yang menerapkan konsep MVC (Model View Controller). Dalam konsep MVC (Model View Controler) untuk model berisi koding dalam pengelolaan basis data, tetapi tidak berkonektivitas dengan view yang merupakan file dalam script pada HTML, sedangkan controller adalah penghubung view dan model. Sedangkan kotlin sendiri adalah bahasa pemrograman dengan tipe statis yang berjalan di Java Virtual Machine dan dapat dikompilasi ke kode sumber JavaScript. Selain itu, tim Google Android mengumumkan bahwa Kotlin sekarang menjadi Bahasa resmi untuk pengembangan Android. Adapun aplikasi Ipos sudah berjalan dengan berbasis website maupun android, namun belum memiliki profil Ipos yang berbasis website. Sedangkan profil Ipos berbasis website bisa dijadikan media promosi yang memudahkan client untuk mengetahui hal-hal seputar aplikasi Ipos yang langsung direct ke google playstore dan app store. Hal tersebut juga dapat menarik ketertarikan calon client untuk menggunakan aplikasi Ipos yang sediakan oleh CV. Avatar Solution. Penulis berhasil mengembangkan fitur dari website ipos berbasis Laravel 8. Sistem secara umum baik dari segi API dan Android sudah sangat memperhatikan tentang keamanan dan integritas data dan mengadopsi teknologi terbaru. Fitur yang disediakan sudah sangat memenuhi kebutuhan user secara umum.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFitri, Zilvanhisna EmkaNIDN0002039203
Uncontrolled Keywords: Laravel 8, Avatar Solution, Denpasar
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > PKL
Depositing User: Mochamad Satria Maulana
Date Deposited: 08 Aug 2023 01:09
Last Modified: 08 Aug 2023 01:09
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27702

Actions (login required)

View Item View Item