Analisis Tingkat Kavitasi Pada Turbin Francis Poros Horizontal 4 MW: Studi Kasus Unit 1 PLTA Timo

Febriyanto, Afin (2023) Analisis Tingkat Kavitasi Pada Turbin Francis Poros Horizontal 4 MW: Studi Kasus Unit 1 PLTA Timo. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (95kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (114kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (92kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap - Copy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) merupakan pembangkit listrik yang mengkonversi energi potensial air menggunakan turbin. Selama pengoperasian, turbin mengalami beberapa kendala baik penurunan daya yang dihasilkan dan kavitasi. Pelaksanaan inspeksi tahunan yang dilaksanakan pada turbin Francis Unit 1 PLTA Timo ditemukan beberapa faktor yang menyebabkan turunnya daya yang dihasilkan serta timbulnya kavitasi pada pemukaan sudu turbin. Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis daya yang dihasilkan, tingkat kavitasi yang muncul dan dampak kavitasi yang terjadi pada turbin Francis Unit 1 PLTA Timo. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimental dengan mengatur beban 1 MW sampai 4 MW menggunakan data primer dan sekunder. Data primer yang digunakan adalah daya aktif, tinggi jatuh efektif air, debit air dan spesifikasi turbin. Hasil penelitian menunjukkan daya aktif yang dihasilkan oleh PLTA Timo pada Beban 1 MW, 3 MW dan 4MW tidak mencapai target operasi, namun pada pembebanan 2 MW daya yang dihasilkan mampu memenuhi target sebesar 2,04 MW. Tingkat kavitasi tertinggi berada pada beban 1 MW dengan koefisien kavitasi 0,05677189 dan kecepatan spesifik 6,8129 rad/s. Dampak yang dihasilkan oleh koefisien kavitasi terhadap daya yang dihasilkan adalah semakin tinggi koefisien kavitasi semakin besar daya yang dihasilkan namun berbanding terbalik dengan tingkat kavitasi yang terjadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRahmanto, Dedy EkoNIDN0019077807
Uncontrolled Keywords: Power, Cavitation, PLTA Timo, Francis Turbine
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 455 - Teknik Kendali (atau Instrumentasi dan Kontrol)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Teknik Energi Terbarukan > Tugas Akhir
Depositing User: Afin Febriyanto
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:50
Last Modified: 11 Aug 2023 06:57
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27645

Actions (login required)

View Item View Item