Prospek Usaha Pembuatan Body Scrub Melon Golden Langkawi di UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (PATPH) Sidoarjo

Putri, Prisca Franeta (2023) Prospek Usaha Pembuatan Body Scrub Melon Golden Langkawi di UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (PATPH) Sidoarjo. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
01. D411912324 Prisca Franeta - Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (39kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
02. D411912324 Prisca Franeta - Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (117kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
03. D411912324 Prisca Franeta - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (99kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
04. D411912324 Prisca Franeta - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Prospek Usaha Pembuatan Body Scrub Melon Golden Langkawi di UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (PATPH) Sidoarjo, Prisca Franeta Putri, NIM D41192324, Tahun 2023, 52 halaman, Manajemen Agribisnis, Politeknik Negeri Jember, Ratih Puspitorini YA, SE, MM (Dosen Pembimbing). Sejalan tuntunan peningkatan kompetensi sumber daya manusia yang handal, maka Politeknik Negeri Jember dituntut untuk merealisasikan pendidikan akademik yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan industri. Salah satu pendidikan akademik yang dimaksud adalah Magang. Kegitan ini merupakan prasyarat mutlak kelulusan yang diikuti oleh mahasiswa Politeknik Negeri Jember yang dipersiapkan untuk mendapatkan pengalaman dan keterampilan di masyarakat dan dunia industry esuai bidang keahliannya. Selama magang mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmuilmu yang diperoleh diperkuliahan untuk menyelesaikan serangkaian tugas sesuai lokasi magang. UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (PATPH) Kebun PUSPA Lebo merupakan sebuah unit pelaksanaan teknis pengembangan agribisnis berfokus pada pengembangan tanaman pangan dan hortikultura dataran rendah yang berada di bawah Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur. UPT PATPH PUSPA Lebo membudidayakan bermacam-macam produk hortikultura baik sayur maupun buah. Produk dari UPT PATPH adalah Melon Golden Langkawi Bulat, Melon Golden Langkawi Kotak, dan Melon Golden Langkawi Hati yang menjadi produk unggulan. Banyaknya permintaan konsumen akan produk hortikultura terutama melon modern dan semakin sadarnya konsumen akan keamanan pangan membuat UPT PATPH menetapkan standar-standar khusus dalam budidayanya terutama budidaya melonnya sehingga melon yang dihasilkan sesuai dengan apa yang diminta oleh konsumen. Penerapan pada budidaya Melon Golden Langkawi di UPT PATPH sudah sesuai standar yang diberikan. Tetapi tidak menutup kemungkinan hasil panen yang dihasilkan memiliki grade rendah, dimana melon yang memiliki grade rendah ini memiliki ciri-ciri buah yang berukuran kecil, kulit buah tidak mulus, dan ada beberapa bagian melon yang membusuk. Melon yang memiliki grade rendah ini biasanya akan diperjual belikan pada warga di sekitar UPT PATPH yang dijual dengan harga yang rendah. Pada UPT PATPH ini melon dengan grade rendah juga digunakan dalam pembuatan produk, dimana salah satunya digunakan dalam pembuatan diversifikasi produk. Program magang pada UPT PATPH meminta mahasiswa dalam membuat produk baru untuk diversifikasi produk yang bertujuan sebagai inovasi produk, sehingga adanya ide dalam inovasi pembuatan produk body scrub dengan mengolah melon grade rendah menjadi produk yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAmbarkahi, Ratih Puspitorini YektiNIDN0005077601
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Prisca Franeta Putri
Date Deposited: 04 Aug 2023 01:21
Last Modified: 04 Aug 2023 01:22
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27621

Actions (login required)

View Item View Item