Konservasi Plasma Nutfah Dan Perbanyakan Benih Abaka Metode Split Bit Di Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Pemanis Dan Serat

Sari, Ayu (2023) Konservasi Plasma Nutfah Dan Perbanyakan Benih Abaka Metode Split Bit Di Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Pemanis Dan Serat. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (85kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan MKI.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (77kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text MKI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka MKI.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (131kB)

Abstract

Magang Kerja Industri (MKI) dilaksanakan di Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Pemanis dan Serat (BPSI-TAS) Malang. Magang Kerja Industri (MKI) mulai dilaksanakan pada bulan 13 Maret 2023 sampai bulan 13 Juli 2023. BPSI-TAS memiliki fungsi pada pengujian dan kesesuaian standar pada tanaman perkebunan.BPSI-TAS juga memproduksi benih sumber tanaman perkebunan seperti Tembakau, Wijen, Kenaf, Rosella, Kapas, Bunga Matahari, Stevia, Tebu, dan Abaca. Abaca (Musa textilis) termasuk famili Musaceae dan ordo Scitanineae yang dikenal dengan beberapa nama seperti pisang serat, Manila Hemp, Manila Henep, pohon kofo atau hote. Abaca merupakan tanaman penghasil serat yang digunakan sebagai bahan baku tali, uang kertas, kertas dokumen berharga, dan tekstil. Ancaman terhadap plasma nutfah atau sumber daya genetik akan berpengaruh negatif terhadap kesejahteraan manusia generasi mendatang. Konservasi plasma nutfah abaca yang dilakukan di Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Pemanis dan Serat yaitu secara in vitro berupa konservasi dilapang dan konservasi secara ex situ. Konservasi metode kultur jaringan pada dasarnya meliputi kegiatan laboratorium. Kegiatannya diantra lain adalah persiapan media, persiapan ekspan, penumbuhan eksplam, multiplikasi dan perakaran. Sedangkan perbanyakan tanaman abaka dengan cara metode split bit yaitu dengan menanam anakkan yang sudah dewasa atau anakkan yang sudah besar pada umumnya sistem perbanyakan ini perkembangan akan stagnansi.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisor', SuwardiNIDN091107506371
Uncontrolled Keywords: Konservasi, Plasma, Nutfah, In Vitro. Ex Vitro
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 156 - Pemuliaan Tanaman
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Ayu Sekar Sari
Date Deposited: 03 Aug 2023 08:27
Last Modified: 03 Aug 2023 08:28
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27608

Actions (login required)

View Item View Item