Pengaruh Pemberian Pupuk Kandang Dan Humid Super Phospate (HSP) Astiva Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit Main Nursery Varietas Marehat

Sari, Ayu (2023) Pengaruh Pemberian Pupuk Kandang Dan Humid Super Phospate (HSP) Astiva Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit Main Nursery Varietas Marehat. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract ENG.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (45kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (65kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (449kB)

Abstract

Luas perkebunan kelapa sawit mengalami peningkatan setiap tahunnya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kandang dan HSP (Humic Super Phospate) serta pengaruh interaksi antara pemberian kedua pupuk tersebut terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pembibitan utama. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan dua faktor dan tiga ulangan. Faktor pertama adalah K (pupuk kandang) 150 gram/pokybag dan faktor kedua adalah H (pupuk HSP) 25 gram/polybag, 35 gram/polybag, 45 gram/polybag. Parameter pengamatn yang dilakukan meliputi tinggi tanaman, pertumbuhan jumlah daun, panjang daun, lebar daun, luas daun, diameter batang, bobot basah tanaman, bobot kering tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pupuk kandang memberikan pengaruh yang sangat nyata terhadap parameter pertambahan panjang daun 150 HST rata-rata 7,80 cm pada perlakuan pupuk kandang sapi (K1), pertambahan diameter batang 120 HST dengan rata-rata 7, 98 cm pada perlakuan pupuk kandang sapi (K1), pertambahan diamter batang 150 HST dengan rerata maksimal 10,49 cm pada perlakukan pupuk kandang sapi (K1), berat kering 11,93 gr pada pupuk kandang sapi. Interaksi antara pemberian pupuk kandang dan HSP astiva hanya berpengaruh pada peningkatan tinggi bibit umur 120 HST, dan 150 HSt dimana pengaruh terbaik ditunjukkan pada kandang sapi bersama dengan HSP (KIH3) yaitu 6,60 cm pada umur 120 HST dan 10,77 cm pada umur 150 HST. Sedangkan pada parameter lainnya, interaksi kedua perlakukan tidak memberikan pengaruh yang nyata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBintoro, MochamatNIDN0005106206
Uncontrolled Keywords: Kelapa sawit, pupuk kandang,HSP.
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 156 - Pemuliaan Tanaman
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Benih > Tugas Akhir
Depositing User: Ayu Sekar Sari
Date Deposited: 03 Aug 2023 07:43
Last Modified: 03 Aug 2023 07:45
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27602

Actions (login required)

View Item View Item