Pengembangan Formulasi Minuman Kopi Dengan Rempah Nusantara Bagi Mahasiswa Magang Wirausaha Merdeka Di Desa Panduman Sukmo Elang Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember.

Realita, Dini Rahel (2023) Pengembangan Formulasi Minuman Kopi Dengan Rempah Nusantara Bagi Mahasiswa Magang Wirausaha Merdeka Di Desa Panduman Sukmo Elang Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan PKL.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (259kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka..pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full Text Pkl..pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Mengelola biji kopi menjadi bubuk kopi dengan menambahkan berbagai jenis rempah nusantara seperti jahe dan kapulaga untuk meningkatkan cita rasa serta meningkatkan nilai jual kopi agar memberikan peluang yang menjanjikan kepada para petani dan konsumen terhadap teknologi produksi kopi rempah. Desa Panduman Sukmo Elang, Kecamatan Jelbuk yang merupakan daerah bagian dari Kabupaten Jember ini adalah sebuah desayang terletak pada ketinggian ±1200 mdpl. Letak desa ini yang berada di ketinggian sangat mendukung untuk dijadikan daerah perkebunan. Hal ini mendorong penduduk di Desa Panduman mayoritas bekerja sebagai petani yang menjadikan pendapatan penduduk di daerah ini rendah, sehingga menyebabkan faktor lain yaitu rendahnya kualitas pendidikan. Akibatnya, kebanyakan para generasi muda di daerah ini hanya melanjutkan pekerjaan orang tua mereka sebagai petani yang bekerja di ladang. Beberapa hasil tani yang dihasilkan di Desa Panduman di antaranya adalah sengon, cabai, petai, tembakau, dan kopi. Kesimpulan dari kegiatan program wirausaha merdeka dilaksanakan dengan sukses dan apa yang direncanakan tercapai sesuai target, serta bertambahnya pengetahuan dan keterampilan dalam hal berwirausaha dan memanfaatkan sosial media sebagai pemasaran online serta dapat mengetahui proses produksi kopi dari hulu ke hilir sehingga dapat memahami tentang kopi sehingga menjadikan kopi sebagai peluang dalam berwirausaha.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWijaya, RizzaNIDN0021068906
Uncontrolled Keywords: Formulasi Minuman Kopi
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > PKL
Depositing User: Dini Rahel Realita
Date Deposited: 03 Aug 2023 01:52
Last Modified: 03 Aug 2023 01:53
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27540

Actions (login required)

View Item View Item