Proses Produksi Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) Beku Bentuk P&D (Peeled & Deveined) Soaking di PT ICS (Istana Cipta Sembada) Banyuwangi

Arimawan, Jonathan (2023) Proses Produksi Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) Beku Bentuk P&D (Peeled & Deveined) Soaking di PT ICS (Istana Cipta Sembada) Banyuwangi. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (110kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (279kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (117kB)

Abstract

PT Istana Cipta Sembada merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak pada usaha pengolahan hasil perikanan dengan produk utamanya yaitu udang dan gurita beku. Pengolahan udang beku pada perusahaan ini dilakukan dengan konsep QCC (Quick, Clean, and Cool) yakni bekerja dengan cepat, bersih, dan pada suhu yang dingin sehingga mutu produk tetap terjaga baik. Kualitas dari udang yang diterima oleh PT Istana Cipta Sembada merupakan udang dengan kualitas yang baik karena harus dilakukan pengujian mutu terlebih dahulu sebelum diproses. Udang yang digunakan pada produksi di PT Istana Cipta Sembada adalah Udang Vaname (Litopenaeus vannamei). Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) termasuk ke dalam salah satu komoditas perikanan yang memiliki potensi dan prospek yang baik serta memiliki nilai ekonomis cukup tinggi. Udang ini memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga diperlukan penanganan yang cepat dan tepat agar udang tidak rusak atau cepat membusuk. Salah satu upaya di PT ICS dalam menjaga udang tetap segar selama proses produksi yaitu dengan menjaga suhu tetap rendah dibawah 5℃ pada setiap alur proses agar meminimalisir tumbuhnya mokroorganisme yang dapat mempercepat kebusukan udang. P&D (Peeled & Deveined) Soaking yaitu salah satu jenis produk yang terdapat di PT Istana Cipta Sembada. Jenis produk ini terbuat dari udang yang dikupas kepala, organ, kulit badan, dan kulit ekor sehingga menyisakan dagingnya saja untuk kemudian dilakukan perendaman (Soaking) dengan larutan non-fosfat dan fosfat sehingga didapatkan produk udang yang bersih, kenyal, dan berukuran besar. Varian produk Udang Beku yang diamati oleh penulis pada penelitian ini yaitu udang beku P&D Soaking 900 gram. Tahapan-tahapan dalam proses produksi udang beku bentuk P&D Soaking yakni Penerimaan Bahan Baku, Pencucian I, Penimbangan I, Pemotongan Kepala, Pencucian II, Sortasi, Penimbangan II, Kupas Kulit dan Cukit Usus, Pemeriksaan Usus, Sortasi Final, Penimbangan III, Soaking, Pencucian III, Penimbangan IV, Pengemasan Primer, Pembekuan, Pengecekan Logam, Pengemasan Sekunder, dan Penyimpanan Beku.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSantoso, AgusNIDN0015086302
Uncontrolled Keywords: Proses Produksi Udang Vaname, P&D (Peeled & Deveined) Soaking
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > PKL
Depositing User: Muhammad Sulthon Bachtiar
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:50
Last Modified: 02 Aug 2023 01:50
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27442

Actions (login required)

View Item View Item