Proses Grading Menggunakan Mesin Grader Pada Pengolahan Kopi Robusta Di PT Perkebunan Nusantara XII Kebun Kaliselogiri Banyuwangi

Zhafira, Alya (2022) Proses Grading Menggunakan Mesin Grader Pada Pengolahan Kopi Robusta Di PT Perkebunan Nusantara XII Kebun Kaliselogiri Banyuwangi. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Alya Zhafira B31201257 - Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (83kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Alya Zhafira B31201257 - Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (95kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Alya Zhafira B31201257 - Full Test.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Alya Zhafira B31201257 - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (110kB)

Abstract

Kegiatan Magang bertujuan untuk memperluas wawasan, pengetahuan, dan pengembangan cara berpikir secara logis antara teori dengan proses kerja yang ada di industri/perusahaan. Sekaligus berlatih menyesuaikan diri dengan kondisi lapangan. Salah satu perusahaan BUMN yang bergerak dibidang perkebunan ialah PTPN. Magang dilaksanakan selama 12 minggu mulai 05 September – 23 Desember 2022 di PTPN XII Kebun Kaliselogiri – Banyuwangi. Kebun Kaliselogiri memproduksi kopi dengan jenis robusta, pengolahan kopi yang dilakukan hanya sampai pada tahap kopi beras/ose (biji kopi kering). Metode yang digunakan dalam pelaksanaan Magang adalah metode observasi, wawancara, studi pustaka dan penerapan kerja dengan mengikuti seluruh aktivitas yang ada di PTPN XII Kebun Kaliselogiri – Banyuwangi. Kegiatan pengolahan kopi robusta meliputi beberapa proses pengolahan mulai dari pengupasan, pencucian, pengeringan, penggerbusan, pemilahan, sortasi, dan penyimpanan. Proses grading dengan mesin grader bertujuan untuk memilah biji kopi yang dikelompokkan berdasarkan ukuran mulai dari L, M, S, dan SS. PTPN XII Kebun Kaliselogiri pada proses grading menggunakan jenis motor listrik dengan daya 5,5 HP yang berkapasitas, yaitu 300 Kg/jam. Mesin Grader berfungsi untuk mengelompokkan biji kopi (Unsorted) sesuai ukuran mulai dari L, M, S, dan SS. Prinsip kerja Mesin Grader bergerak secara osilasi biji kopi (Unsorted) akan terjatuh sesuai dengan lebar diameter pada mesin Grader mulai dari L = 7,5 mm, M = 6,5 mm, S = 5,5mm, dan SS = <5,5mm. yang menggerakkan secara osilasi adalah poros engkol yang terdapat dibawah mesin grader. Hasil yang diperoleh dari kegiatan magang adalah meningkatkan wawasan dan pengetahuan bagi mahasiswa tentang pengolahan kopi dari awal sampai akhir, mampu mengoperasikan dan melakukan perawatan mesin pengolahan yang ada di PTPN XII Kebun Kaliselogiri.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIswahyono, IswahyonoNIP196411101992021001
Uncontrolled Keywords: Proses Grading, Mesin Grader, Pengolahan, Kopi Robusta
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 432 - Teknik Produksi (dan Atau Manufakturing)
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > PKL
Depositing User: Alya Zhafira
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:47
Last Modified: 02 Aug 2023 01:48
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27441

Actions (login required)

View Item View Item