Variasi Arus Pengelasan Smaw Pada Baja Astm A 36 Menggunakan Elektroda E 7016 H4r Terhadap Kekuatan Bending Di Pt Bosto Pasuruan

Harto, Ahmad Jayin Dwi (2023) Variasi Arus Pengelasan Smaw Pada Baja Astm A 36 Menggunakan Elektroda E 7016 H4r Terhadap Kekuatan Bending Di Pt Bosto Pasuruan. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
H42160885_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

PT BOSTO bergerak dibidang usaha fabrikasi peralatan industri agro, permesinan peralatan industri agro, pemanasan perlatan pabrik gula, sawit, dan boiler, serta pembuatan boiler (fire tube dan water tube). Produk utama dari pabrik ini adalah Peralatan Pabrik Gula, Peralatan Pabrik Sawit, Ketel Uap (boiler), Struktur Baja Ringan, Komponen Conveyors, Kontruksi Jembatan, Tangki-tangki industri Pressure Vessel & Heat Excganger. Berdasarkan definisi dari American Welding Society las adalah ikatan metalurgi pada sambungan logam atau logam paduan yang dilaksanakan dalam keadaan lumer atau cair. Secara singkat, dapat dijabarkan bahwa proses pengelasan merupakan sambungan dari beberapa batang logam dengan menggunakan energi panas. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas hasil penyambungan logam adalah sifat logam (Wiryosumarto, 2000). Pada tabel pengujian bending di atas yang telah dikerjakan oleh PT BOSTO sebagai nilai kekuatan pada material uji. Pada data pengujian kode sample terdapat empat data side bend yang akan melalui proses pengujian, pada material yang digunakan yaitu menggunakan A36 dengan ketebalan ukuran plat 18 mm dan panjang 10 mm. Garis tengah duri uji memiliki ukuran 40 mm, pada garis tengah duri uji ini akan dilakukan proses pengujian bending yang akan menjadi hasil nilai uji pada proses penyambungan, dari hasil pengujian bending nilai sudut lengkung memiliki nilai kelengkungan 180° yang bisa dikatakan penyambungan pada empat spesimen material pengujian sangat baik tanpa ada kecacatan las dan hasil uji tidak ada cacat. Pengujian bending pada baja ASTM A36 yang di ikat dengan arus pengelasas SMAW, tidak mengalami ke cacatan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTyagita, Dicky AdiNIDN0022068905
Uncontrolled Keywords: Pengelasan SMAW, Elektroda E 7016H4R, Bending
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: Ahmad Jayin Dwi Harto
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:36
Last Modified: 02 Aug 2023 01:39
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27431

Actions (login required)

View Item View Item