Pelaksanaan Kegiatan Panen Buah Kopi Robusta (Coffea canephora P.) Di PTPN XII Kebun Renteng Afdeling Rayap Kabupaten Jember

Juliansyah, Alfian (2023) Pelaksanaan Kegiatan Panen Buah Kopi Robusta (Coffea canephora P.) Di PTPN XII Kebun Renteng Afdeling Rayap Kabupaten Jember. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
1. Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
2. Bab 1. Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
3. Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Praktik Kerja Lapang merupakan kegiatan vokasional mahasiswa diploma yaitu program kampus Politeknik Negeri Jember yang mengarahkan proses belajar mengajar pada tingkat keahlian secara spesifik, bertujuan untuk belajar serta penerapan keterampilan dan keahlian mahasiswa yang dilaksanakan pada semester 7 dengan jangka waktu 4 bulan dan bobot 20 SKS. PTPN XII Kebun Renteng merupakan salah satu badan usaha milik negara yang bergerak dalam bidang usaha perkebunan. PTPN XII Kebun Renteng melakukan usaha dibidang agribisnis dan agroindustri, serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya perusahaan untuk menghasilkan barang atau jasa berkualitas tinggi dan berdaya saing kuat, serta memperoleh keuntungan untuk meningkatkan nilai perusahaan. Salah satu unit kebun di PTPN XII Kebun Renteng adalah kebun Renteng Afdeling Rayap yang berada di Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Kebun ini memiliki produk komersial utama berupa kopi robusta dalam bentuk greenbean. Panen dan pasca panen merupakan rantai bagian produk bisnis pertanian paling akhir dan sangat menentukan nilai suatu produk pertanian khususnya hasil perkebunan kopi. Kualitas produk kopi sangat ditentukan oleh proses penanganan saat panen dan pasca panen. Kematangan buah kopi juga dapat dilihat dari kekerasan dan komponen zat gula di dalam daging buah. Buah kopi yang masak mempunyai daging lembut dan berlendir serta mengandung senyawa gula yang relatif tinggi sehingga terasa manis. Sebaliknya daging buah muda sedikit keras, tidak berlendir dan tidak terasa manis karena senyawa gula belum terbentuk maksimal. Begitu juga kandungan lendir pada buah kopi yang terlalu masak cenderung berkurang karena bagian senyawa gula dan pektin sudah terurai secara alami akibat proses pemasakan atau penuaan buah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSetyoko, UjangNIDN0007066304
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Budidaya Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: Alfian Juliansyah
Date Deposited: 01 Aug 2023 07:53
Last Modified: 01 Aug 2023 07:53
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27315

Actions (login required)

View Item View Item