Efektivitas Pemberian ZPT Paclobutrazol terhadap Grow Out Test Benih Paria (Momordica charantia L.) di PT. EAST WEST SEED INDONESIA

Sodi, Icha Thalia Dhianysya (2023) Efektivitas Pemberian ZPT Paclobutrazol terhadap Grow Out Test Benih Paria (Momordica charantia L.) di PT. EAST WEST SEED INDONESIA. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (184kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
Bab 1. Pendahuluan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (223kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
A41191594_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (180kB)

Abstract

Magang Kerja Industri dilaksanakan pada semester 8 selama 4 bulan mulai tanggal 13 Maret 2023 sampai dengan tanggal 13 Juli 2023 bertempat di PT. East West Seed Indonesia dengan alamat di Jember, Jawa Timur. Tujuan dari Magang Kerja Industri adalah mendapatkan ilmu, mengembangkan ide kreatif, dan memperoleh pengalaman kerja yang langsung terkait dengan bidang studinya, serta membantu untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan tuntutan pasar kerja saat ini. PT. East West Seed Indonesia merupakan salah satu perusahaan benih swasta yang telahmemperoleh izin untuk melakukan pengujian benih dan sertifikasi benih secara mandiri. Ini menunjukkan bahwa PT. East West Seed Indonesia telah memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk melakukan kegiatan usaha penanaman benih hortikultura dengan baik dan dapat dipercaya. Pengujian genetik di PT. East West Seed Indonesia adalah pengujian IEF dan pengujian Grow Out TestPT East West Seed Indonesia melakukan pengujian secara Grow Out Test pada benih hortikultura, salah satunya benih paria. Tujuan melakukan Grow Out Test pada tanaman adalah untuk menguji kemampuan benih dalam tumbuh dan berkembang menjadi tanaman yang sehat. Uji Grow Out Test juga dapat digunakan untuk mengetahui apakah benih yang diuji terkontaminasi dengan penyakit atau patogen tertentu. Hasil dari uji Grow Out Test dapat memberikan informasi yang penting untuk mengetahui mutu genetik benih. Selain itu, uji Grow Out Test juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi deskripsi varietas benih yang diuji. Pengujian benih paria dilakukan melalui Grow Out Test dengan melibatkan proses penanaman dan pemeliharaan tanaman paria hingga panen. Tujuannya adalah untuk memperoleh data dan informasi yang akurat tentang respon keragaan pertumbuhan dan hasil setiap genotype tanaman paria yang diuji. Memerlukan waktu kurang lebih 60 hst untuk sekali pengujian. Grow Out Test adalah metode yang digunakan untuk menerapkan paclobutrazol pada tanaman paria untuk mengontrol tinggi tanaman, mempercepat proses pembungaan, dan meningkatkan produksi buah. Salah satu tantangan utama yang dihadapi selama penerapan metode ini adalah terbatasnya lahan yang tersedia untuk melakukan pengujian, serta terbatasnya waktu yang tersedia untuk melakukan pengujian. Terlepas dari tantangan tersebut, aplikasi paclobutrazol pada tanaman paria metode Grow Out Test diharapkan dapat mencapai hasil yang diinginkan dalam mempercepat proses pembungaan dan meningkatkan produksi buah.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRahmawati, DwiNIDN0031087607
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Benih > PKL
Depositing User: Icha Thalia Dhianysya Sodi
Date Deposited: 01 Aug 2023 07:41
Last Modified: 01 Aug 2023 07:41
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27310

Actions (login required)

View Item View Item