TEKNIK PEMANGKASAN PRODUKSI TANAMAN KOPI ROBUSTA (Coffea canephora) DI PTPN XII KEBUN RENTENG AFDELING RAYAP KABUPATEN JEMBER

Arthamurti, Tariza Tiara (2023) TEKNIK PEMANGKASAN PRODUKSI TANAMAN KOPI ROBUSTA (Coffea canephora) DI PTPN XII KEBUN RENTENG AFDELING RAYAP KABUPATEN JEMBER. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (208kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
Bab 1. Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (217kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (206kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full Text PKL 2023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Kerja Lapang merupakan kegiatan vokasional mahasiswa diploma yaitu program kampus Politeknik Negeri Jember yang mengarahkan proses belajar mengajar pada tingkat keahlian secara spesifik, bertujuan untuk belajar serta penerapan keterampilan dan keahlian mahasiswa yang dilaksanakan pada semester 7 dengan jangka waktu 4 bulan dan bobot 20 SKS. PTPN XII Kebun Renteng merupakan salah satu badan usaha milik negara yang bergerak dalam bidang usaha perkebunan. PTPN XII Kebun Renteng melakukan usaha dibidang agribisnis dan agroindustri, serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya perusahaan untuk menghasilkan barang atau jasa berkualitas tinggi dan berdaya saing kuat, serta memperoleh keuntungan untuk meningkatkan nilai perusahaan. Salah satu unit kebun di PTPN XII Kebun Renteng adalah kebun Renteng Afdeling Rayap yang berada di Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Kebun ini memiliki produk komersial utama berupa kopi robusta dalam bentukgreenbean . Kopi merupakan komoditas tanaman perkebunan yang memiliki peran penting dalam memperkuat perekonomian nasional. Tanaman kopi memilliki 3 jenis, yairu Arabika, Robusta, Excelsa, dan Liberka. Produksi kopi sangat ditentukan oleh penerapan teknik budidaya tanaman kopi yaitu pembibitan, persiapan lahan, persiapan tanam, penanaman kopi, pemeliharaan serta pemeliharaan. Pada kegiatan pemeliharaan terdapat bebrapa kegiatan yaitu penyulaman, pengendalian gulma, pemupukan, pemangkasan, serta pengendalian hama dan penyakit. Pemangkasan merupakan teknik budidaya yang penting dalam mengoptimalkan peningkatan produksi kopi dan berguna untuk memudahkan pengendalian hama dan penyakit, memudahkan perawatan karena tanaman atau pohon tetap rendah serta dapat membentuk cabang-cabang produksi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSetyoko, UjangNIDN0007066304
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Budidaya Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: Tariza Tiara Arthamurti
Date Deposited: 01 Aug 2023 03:22
Last Modified: 29 Aug 2023 03:36
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27264

Actions (login required)

View Item View Item