Uji Hibriditas Benih Semangka (Citrullus lanatus) Hibrida Varietas PMB 029 di UPT. PSBTPH Provinsi Jawa Timur Wilayah Kerja V Jember

Agustin, Cila (2023) Uji Hibriditas Benih Semangka (Citrullus lanatus) Hibrida Varietas PMB 029 di UPT. PSBTPH Provinsi Jawa Timur Wilayah Kerja V Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (20kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)

Abstract

Semangka (Citrullus lanatus) merupakan salah satu tanaman hortikultura yang cukup disukai di Indonesia, baik sebagai buah segar maupun dalam berbagai olahan lainnya. Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk tingkat konsumsi buah-buahan juga mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini mengakibatkan permintaan semangka juga meningkat, namun produksi semangka belum mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satu upaya yang dapat meningkatkan produksi semangka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan permintaan pasar yaitu dengan mengembangkan varietas unggul yang berdaya hasil tinggi dan upaya pengadaan benih unggul bersertifikat yang perlu terus ditingkatkan. Sertifikasi benih merupakan salah satu pelayanan publik yang dilakukan oleh UPT. PSBTPH khususnya Wilayah Kerja V Jember yang bertujuan untuk memperoleh standart mutu benih dalam mencapai kelancaran kegiatan proses produksi pertanian.Kegiatan sertifikasi benih dimulai dari permohonan sertifikasi dan pemeriksaan lapang yang terdiri dari pemeriksaan pendahuluan, pemeriksaan fase vegetatif, pemeriksaan fase generatif, pemeriksaan fase masak, pemeriksaan peralatan dan panen, pengawasan pengolahan benih, pengambilan contoh benih, pengujian laboratorium, dan pengawasan pemasangan label. Uji hibriditas merupakan pengujian lapangan untuk mengetahui kebenaran varietas hibrida secara genetik sesuai varietas aslinya. Pengamatan dapat dilaksanakan pada fase penyemaian, fase vegetatif, dan generatif. Pada benih semangka varietas PMB 029 dinyatakan lulus uji hibriditas pada fase penyemaian, fase vegetatif, dan fase generatif dengan hasil uji hibriditas 100%.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSyaban, Rahmat AliNIDN0029016205
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Benih > PKL
Depositing User: Cila Agustin
Date Deposited: 31 Jul 2023 09:05
Last Modified: 31 Jul 2023 09:09
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27177

Actions (login required)

View Item View Item