Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Reminder Peminjaman dan Pengembalian Rekam Medis Rawat Inap Berbasis Web di RSUD Kabupaten Sidoarjo

Irmawati, Nur Ainiyah (2023) Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Reminder Peminjaman dan Pengembalian Rekam Medis Rawat Inap Berbasis Web di RSUD Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
1. G41192211 Nur Ainiyah Irmawati-Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (32kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. G41192211 Nur Ainiyah Irmawati-Bab I.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (121kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
3. G41192211 Nur Ainiyah Irmawati-Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. G41192211 Nur Ainiyah Irmawati-Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (167kB)

Abstract

RSUD Kabupaten Sidoarjo melakukan pendataan mengenai peminjaman dan pengembalian rekam medis rawat inap dengan menggunakan microsoft excel. Banyaknya keterlambatan pengembalian rekam medis khususnya pada bangsal rawat inap yang lebih dari 2×24 jam mengakibatkan waktu penyediaan rekam medis melebihi standar penyediaan rekam medis rawat inap. Dampaknya adalah berpengaruh pada waktu tunggu pasien. Petugas masih menggunakan cara manual dalam melakukan pengisian rekam medis dan belum adanya sistem pengingat petugas untuk melakukan pengembalian rekam medis. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan brainstorming dengan menggunakan uji black box. Jenis penelitian menggunakan riset and development dengan pengembangan sistem menggunakan waterfall. Metode waterfall menggunakan tahapan requirement analysis and definition, system and software design, implementation and unit testing, intergration and system testing. Hasil dari requirement analysis and definition yaitu petugas menginginkan adanya username dan password serta batasan hak akses setiap petugas. Hasil dari system and software design menggunakan flowchart diagram, context diagram, data flow diagram, dan entity relathioship diagram. Hasil dari implementation and unit testing menggunakan PHP dan HTML dengan bantuan Framework Codeigniter 2 dan Boostrap AdminLTE. Hasil intergration and system testing menggunakan uji black box testing dengan tujuan mengetahui fungsionalisme kerja sistem. Hasil penelitian ini adalah sistem informasi reminder peminjaman dan pengembalian rekam medis rawat inap dengan WhatsApp yang dikirimkan kepada petugas minimal 1×24 jam sampai berkas kembali. Hasil tersebut diharapkan dapat membantu proses pengendalian peminjaman dan pengembalian sehingga dapat menurunkan angka keterlambatan pengembalian rekam medis rawat inap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRoziqin, Mochammad ChoirurNIDN0031039105
Uncontrolled Keywords: Keterlambatan, Peminjaman, Pengembalian, Rekam Medis, Reminder, Waterfall.
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > Tugas Akhir
Depositing User: NUR AINIYAH IRMAWATI
Date Deposited: 01 Aug 2023 01:45
Last Modified: 01 Aug 2023 01:47
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27073

Actions (login required)

View Item View Item