Analisis Usaha Bolu Pisang Cokelat di Desa Sumber Lesung Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember

Firdaus, Muhammad (2023) Analisis Usaha Bolu Pisang Cokelat di Desa Sumber Lesung Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (888kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (888kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB) | Request a copy
[img] Text (Daftarr Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (888kB)

Abstract

Salah satu produk inovasi hasil pengembangan dari kue bolu adalah bolu pisang cokelat. Produk ini merupakan hasil perpaduan dari buah pisang yang sudah dihaluskan dengan susu cokelat. Pada umumnya bolu hanya memiliki rasa manis, akan tetapi produk bolu pisang cokelat ini mempunyai rasa manis dan sedikit gurih karena adanya penambahan buah pisang di dalam adonan bolu. Pelaksanaan tugas akhir yang berjudul “Analisis Usaha Bolu Pisang Cokelat di Desa Sumber Lesung Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember” dilaksanakan selama 4 (empat) bulan, mulai dari 22 Agustus 2022 sampai dengan 22 November 2022 dan bertempat di Desa Sumber Lesung Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk melakukan proses produksi, untuk menghitung analisis kelayakan usaha dan untuk menerapkan bauran pemasaran terhadap produk bolu pisang cokelat. Berdasarkan analisis kelayakan usaha yang telah dilakukan menggunakan analisis BEP (produksi) dan BEP (harga), R/C Ratio, dan ROI. Usaha mendapatkan hasil BEP (produksi) 17,406 bungkus dengan total produksi 24 kemasan dan nilai BEP (harga) Rp 10.878,96,- per kemasan dengan harga jual Rp 15.000,- per kemasan, nilai R/C Ratio 1,38 dan nilai ROI 10,197%. Berdasarkan ketiga analisis tersebut maka usaha ini layak, menguntungkan, dan dapat dilanjutkan. Teknik pemasaran Bolu Pisang Cokelat menggunakan bauran pemasaran 4P yaitu product (produk), price (harga), promotion (promosi), place (saluran pemasaran) baik secara langsung, maupun secara tidak langsung bertujuan agar konsumen yang dijangkau lebih luas. Proses pemasaran ini dilakukan melalui promosi media sosial (sales promotion) seperti WhatsApp dan Instagram, dan promosi dilakukan dengan menawarkan produk secara langsung Kata Kunci: Analisis Usaha, Bolu Pisang Cokelat

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHidayat, TaufikNIDN0002097407
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Bolu Pisang Cokelat
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Firdaus
Date Deposited: 31 Jul 2023 06:31
Last Modified: 31 Jul 2023 06:32
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27067

Actions (login required)

View Item View Item