Pengaruh Konsentrasi NaHSO₃ dan Waktu Blanching Terhadap Sifat Fisik Kimia Jamur Kancing Kemasan Pouch di PT Eka Timur Raya

Rizqiyah, Sela (2023) Pengaruh Konsentrasi NaHSO₃ dan Waktu Blanching Terhadap Sifat Fisik Kimia Jamur Kancing Kemasan Pouch di PT Eka Timur Raya. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (327kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (282kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (167kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
B32200386_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Jamur Kancing adalah salah satu jamur yang paling popular yang diambil dari alam dan dari budidaya komersial, jamur kancing kaya akan protein, asam amino bebas, polifenol, polisakarida ergothionin, vitamin. Jamur ini juga mengandung asam linoleat yang tingi dan enzim aromatase yang berperan mengkatalisis hormone seks pada manusia. Jamur kancing memiliki banyak fungsi seperti antioksidan, anti bakteri, anti inflamasi, anti tumor, dan sistem pertahanan tubuh. Fenol adalah komponen antioksidan utama yang ditemukan pada ekstrak Jamur Kancing. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yang meliputi persiapan bahan baku, pencucian Jamur Kancing, blancing 1, pendinginan, sortasi 1, grading, sortasi 2, perendaman dengan Asam Sulfid dengan konsetarsi 0,05%, 0,1%, 0,2% semalam, blanching 2 dengan waktu 5 menit, 10 menit, dan 15 menit, pendinginan, penirisan, penimbangan, pengemasan, penutupan, sterilisasi, pembongkaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Konsentrasi Natrium bisulfit dan Waktu Blanching terhadap sifat fisik berpengaruh nyata terhadap semua perlakuan pada taraf p<0,05 pada parameter warna jamur, dan berbeda nyata terhadap 1 faktor yaitu blanching pada parameter drianed weight, dan net weight kemudian pada sifat kimia berbeda nyata terhadap semua perlakuan pada parameter salt level(kadar garam) dan kadar natrium bisulfit namun berbeda hanya pada 1 faktor saja yaitu untuk parameter keasaman atau ph.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRakhmadevi, Ade GaluhNIDN0017127707
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Sela Rizqiyah
Date Deposited: 29 Jul 2023 08:57
Last Modified: 29 Jul 2023 08:57
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/27023

Actions (login required)

View Item View Item