Proses Kegiatan Penyulaman Bibit Tanaman Tebu (Saccharum officinarum L.) Di PT Perkebunan Nusantara XII Kebun Sumberjambe Banyuwangi - Jawa Timur

Badawi, Ahmad Nofian (2023) Proses Kegiatan Penyulaman Bibit Tanaman Tebu (Saccharum officinarum L.) Di PT Perkebunan Nusantara XII Kebun Sumberjambe Banyuwangi - Jawa Timur. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
A32201664 Ahmad Nofian Badawi-Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (184kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
A32201664 Ahmad Nofian Badawi-Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (309kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
A32201664 Ahmad Nofian Badawi-Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
A32201664 Ahmad Nofian Badawi-Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (184kB)

Abstract

Magang merupakan kegiatan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman dan keterampilan khusus di dunia industri sesuai bidang keahliannya. Kegiatan magang dilaksanakan pada tanggal 6 Maret sampai dengan 31 Juni 2023. Tujuan dilaksanakan kegiatan magang adalah untuk meningkatkan pengetahuhan dan memahami secara umum kegiatan tentang budidaya tanaman tebu pada PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Sumberjambe serta melatih mahasiswa untuk memahami perbedaan antara metode teoristis yang di perkuliahan dengan keadaan sesungguhnya di lapangan. Tujuan kegiatan magang ini agar para mahasiswa mendapatkan pengetahuhan dan pengalaman tentang pengolahan budidaya tanaman tebu, baik dari persiapan bahan tanam, pengolahan tanah, penanaman, maupun pengendalian hama dan penyakit tanaman tebu sampai kegiatan tebang muat angkut . Upaya dalam meningkatkan produksi maupun rendemen tebu yang harus diperhatikan yaitu kegiatan penyulaman. Penyulaman adalah kegiatan menambah jumlah populasi tanaman tebu dengan cara penanaman kembali pada barisan yang kosong yang disebabkan karena terjadi kematian rumpun yang disebabkan karena hama, gangguan penyakit, atau terkadang bibit yang telah ditanam tetapi tidak langsung disiram yang mengakibatkan tanaman mati. Penyulaman dilakukan untuk mengganti bibit tebu yang tidak tumbuh baik tanaman baru maupun keprasan, sehingga bisa mencapai produktivitas yang diinginkan. Penyulaman yang dilakukan pada kebun Sumberjambe menggunakan bibit seblangan yang didapat dari kebun bibit cadangan yang ada di lapangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorErawati, Dyah Nuning0002056903
Uncontrolled Keywords: Penyulaman,Perkebunan, Tebu
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: Ahmad Nofian Badawi
Date Deposited: 29 Jul 2023 07:27
Last Modified: 29 Jul 2023 07:29
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26989

Actions (login required)

View Item View Item