Analisis Finansial Pertanian Aquaponik Didalam Mini Greenhouse Dengan Penerapan Solar Cell Sebagai Alternatif Sumber Energi

Bagaskara, Fajar (2023) Analisis Finansial Pertanian Aquaponik Didalam Mini Greenhouse Dengan Penerapan Solar Cell Sebagai Alternatif Sumber Energi. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (54kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (130kB)

Abstract

Aquaponik merupakan bentuk khusus dari resirkulasi akuakultur yakni pemeliharaan tanaman dengan media air yang disusun pada sirkulasi air dengan media budaya ikan (Setijaningsih dan Umar, 2015). Aquaponik memanfaatkan nutrisi yang dilepas oleh ikan sebagai pertumbuhan tanaman. Namun kelemahan dari penggunaan sistem pertanian aquaponik adalah penggunaan listrik untuk menggerakkan pompa yang mengalirkan air nutrisi ke tanaman dan beroperasi selama 24 jam setiap harinya. Oleh karena itu, perlu adanya alternative untuk menanggulangi penggunaan listrik yang berlebih yaitu dengan memanfaatkan solar cell sebagai alterantif pengganti listrik. Solar cell merupakan suatu komponen pembangkit listrik yang mampu mengkonvensi sinar matahari menjadi arus listrik berdasarkan fotovoltaik. Untuk mendapatkan energi yang akan di gunakan, dibutuhkan serangkaian sel surya yang tergabung dalam bentuk panel surya (Photovoltaic module). Implementasi solar cell memiliki prospek yang baik mengingat ketersediaan energi yang berlimpah dikarenakan Indonesia berada pada Kawasan tropis yang mendapatkan cahaya matahari sepanjang tahun. Potensi inilah yang menjadi peluang dalam memanfaatkan solar cell sebagai sumber penggerak dari pompa air untuk menjaga kualitas air sebagai media tanam dari sistem aquaponik. Pada kegiatan tugas akhir ini mempunyai tujuan untuk mengetahui tentang usaha hidroponik yang dijalankan dengan pemanfaatan solar cell sebagai penggerak pompa air pada pertanian aquaponik dapat dikatan layak untuk dijadikan alernatif usaha. Setelah dilakukan pengkajian kriteria investasi Analisis Finansial Pertanian Aquaponik Didalam Mini Greenhouse Dengan Penerapan Solar Cell Sebagai Alternatif Sumber Energi diketahui bahwasannya usaha ini dapat dilanjutkan dan dinyatakan layak. Kesimpulan dari tugas akhir dinyatakan layak, berdasarkan investasi dengan tingkat suku bunga 9% dengan nilai kriteria investasi: 1) Net present value (NPV) Rp 27.221.658,26, 2) Internal Rate of Return (IRR) 29,96%, 3) Net Benefit Cost Ratio (B/C) 1,59, 4) nilai Payback Period (PBP) 2,28 (2 tahun 3 bulan 3 hari).

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDjamila, SitiNIDN0027086009
Uncontrolled Keywords: Analisis Finansial, Aquaponik, Penerapan Solar Cell
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > Tugas Akhir
Depositing User: Fajar Bagaskara
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:09
Last Modified: 31 Jul 2023 07:09
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26973

Actions (login required)

View Item View Item