Pembibitan Pada Budidaya Tanaman Tebu(Saccharum officinarum L.) Di PT.Perkebunan Nusantara XII Kebun Sumberjambe Banyuwangi

Qhozali, Mochamad (2023) Pembibitan Pada Budidaya Tanaman Tebu(Saccharum officinarum L.) Di PT.Perkebunan Nusantara XII Kebun Sumberjambe Banyuwangi. Project Report. Politeknik Negeri Jember. (Unpublished)

[img] Text (Daftar Pustaka)
A32200006 Mochamad Qhozali-Daftar pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (313kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
A32200006 Mochamad Qhozali-Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Ringkasan)
A32200006 Mochamad Qhozali-Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (203kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
A32200006 Mochamad Qhozali Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (313kB)

Abstract

Magang dilaksanakan di PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Sumberjambe yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang industri tanaman tebu, karet dan kayu. Mahasiswa perlu melakukan kegiatan magang untuk mengetahui bagaimana kegiatan budidaya tanaman tebu di Kebun Sumberjambe. Magang yang dilakukan bertujuan untuk dapat melaksanakan budidaya tebu dengan baik, dapat mengetahui dan memahami pembibitan tanaman tebu menggunakan pembibitan bagal di Kebun Sumberjambe Jawa Timur. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan sesuai dengan jadwal kegiatan yang telah ditentukan oleh pembimbing lapang Kebun Sumberjambe. Rangkaian kegiatan pelaksanaan magang ini meliputi kegiatan pembibitan, pengolahan lahan, penanaman dan panen sehingga mahasiswa mendapatkan ilmu tentang budidaya tanaman tebu sesuai dengan baku teknik Kebun Sumberjambe. Tebu (Saccharum officinarum L.) merupakan jenis tanaman rumput rumputan yang dibudidayakan sebagai tanaman penghasil gula. Tanaman ini sangat dibutuhkan sehingga kebutuhannya terus meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk. Pembibitan tebu adalah faktor penentu produksi gula apabila kualitas bibit tebu baik maka akan menentukan keberhasilan budidaya tebu dan menghasilkan rendemen tinggi sehingga produksi gula tinggi. Pelaksanaan magang di PT. Perkebunan Nusantara XII telah memberikan pengetahuan, pengalaman kerja dan keterampilan penulis mengenai kegiatan perusahaan maupun di lapangan, penulis dapat meningkatkan keterampilan, v pengetahuan serta pengalaman kerja khususnya pada kegiatan pembibitan tanaman tebu dengan sistem bagal, Kegiatan magang dapat melatih mahasiswa untuk mengerjakan pekerjaan lapangan dan mempertahankan kerjasama yang baik antara Politeknik Negeri Jember dengan PT. Perkebunan Nusantara XII terutama pada kegiatan pembibitan budidaya tanaman tebu di Kebun Sumberjambe Banyuwangi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorErawati, Dyah NuningNIDN0002056903
Uncontrolled Keywords: Budidaya, Pembibitan, Tanaman, Tebu
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: Mochamad Qhozali
Date Deposited: 31 Jul 2023 09:20
Last Modified: 31 Jul 2023 09:22
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26951

Actions (login required)

View Item View Item