Manajemen Pendederan Ikan Mas Punten (Cyprinus carpio) Di Instalasi Perikanan Budidaya (IPB) Desa Sidomulyo Kecamatan Batu Kota Batu Jawa Timur

Widodo, Harimas (2023) Manajemen Pendederan Ikan Mas Punten (Cyprinus carpio) Di Instalasi Perikanan Budidaya (IPB) Desa Sidomulyo Kecamatan Batu Kota Batu Jawa Timur. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
D31202154 Harimas Widodo-Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (49kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
D31202154 Harimas Widodo-Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (229kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
D31202154 Harimas WIdodo-Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (109kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31202154 Harimas Widodo-Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Instalasi Perikanan Budidaya Punten dibangun pada tahun 1918 dan diresmikan pada tanggal 24 Desember 1918. IPB Punten adalah yang pertama kali didirikan di Jawa Timur dan pertama di Indonesia dengan maksud untuk mengembangkan penyuluhan perikanan air tawar di daerah ini. IPB Punten memiliki tugas dan fungsi sebagai tempat seleksi induk atau benih yang unggul, Sebagai tempat adaptasi teknologi jenis-jenis ikan air tawar, Sebagai tempat penyuluhan di bidang perikanan, Sebagai tempat pembinaan petani pembenihan ikan, Sebagai tempat penghasil benih. Ikan mas (Cyprinus carpio L.) pada saat ini merupakan ikan air tawar yang paling tinggi produksinya dan sudah dibudidayakan di seluruh propinsi di Indonesia. Di Indonesia terdapat beberapa macam strain ikan mas, yaitu Sinyonya, Punten, Kumpay, Majalaya, Kancra Domas, Taiwan dan Merah. Salah satu dari ketujuh strain yang ada di Indonesia tersebut adalah ikan mas strain Punten yang berasal dari daerah Punten Batu Malang. Adapun ciri-ciri morfologi ikan mas strain Punten adalah sebagai berikut: warna sisik hijau kehitaman dengan bagian perut berwarna putih, mata agak menonjol, gerakan lamban dan jinak, dan badan relatif paling pendek dari ras strain yang lain dengan punggung tinggi. Tujuan tugas akhir ini yaitu dapat mengetahui dan menerapkan manajemen pendederan ikan mas, dapat mengetahui manajemen pemasaran dalam usaha pendederan ikan mas, Dapat mengetahui manajemen SDM yang diperlukan dalam usaha pembenihan ikan mas . Magang kerja ini dilaksanakan selama 4 bulan yaitu pada tanggal 1 Maret 2023 sampai 30 juni 2023 bertempat di di Instalasi Perikanan Budidaya (IPB) Punten, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu Kota Batu Jawa Timur. Proses pembuatan Laporan magang kerja menggunakan tiga metode analisis usaha yaitu break event point (BEP), revenue cost ratio (R/C Ratio), return on investmen (ROI). Rangkaian kegiatan yang dilakukan selama magang di Instalasi Perikanan Budidaya (IPB) Punten Yaitu Persiapan kolam, pengeringan kolam, pemupukan, pengapuran, pengisian air kolam, Pemeliharaan induk ikan mas, seleksi induk ikan mas yang siap dipijahkan, Pemijahan ikan mas, penetasan telur, perawatan larva/benih ikan mas, pengendalian kualitas air, grading, pemanenan benih ikan mas dan packing.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPongoh, Ida Adha AnrosanaNIDN0012127502
Uncontrolled Keywords: Ikan Mas, Manajemen, Budidaya, Perikanan
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 230 - Ilmu Perikanan > 233 - Budidaya Perikanan
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Harimas Widodo
Date Deposited: 29 Jul 2023 05:47
Last Modified: 29 Jul 2023 05:48
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26927

Actions (login required)

View Item View Item