Proses Wiwilan Dan Pemasangan Tali Pada Tanaman Tembakau Bawah Naungan (TBN) (Nicotiana tabacum L.) Di Koperasi Agrobisnis Tarutama Nusantara Kabupaten Jember

Cholis, Nur (2023) Proses Wiwilan Dan Pemasangan Tali Pada Tanaman Tembakau Bawah Naungan (TBN) (Nicotiana tabacum L.) Di Koperasi Agrobisnis Tarutama Nusantara Kabupaten Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
A32202371_Nur Cholis - Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
A32202371_Nur Cholis - BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (126kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
A32202371_Nur Cholis - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
A32202371_Nur Cholis - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5kB)

Abstract

Magang merupakan salah satu program yang tercantum dalam kurikulum akademik Politeknik Negeri Jember, yang dilaksanakan pada akhir semester genap VI (enam). Program tersebut adalah salah satu persyaratan kelulusan mahasiswa Politeknik Negeri Jember. Program magang ini juga merupakan bagian dari salah satu pendidikan yang menyangkut proses belajar berdasarkan pengalaman diluar sistem belajar pada saat kuliah dan praktik di dalam kampus. Mahasiswa dipersiapkan untuk mendapatkan keterampilan khusus dan pengalaman dari keaadaan yang nyata dalam bidang masing-masing. Koperasi Agrobisnis Tarutama Nusantara (KOPA TTN) salah satu perusahaan di Jember yang bergerak dibidang agribisnis dengan bentuk koperasi mandiri. Koperasi ini terletak di Jl Brawijaya Nomor 5 Jember. TTN (Tarutama Nusantara) adalah salah satu koperasi agrobisnis pengekspor tembakau sebagai bahan pembalut cerutu. Tembakau yang dibudidayakan oleh KOPA TTN adalah Tembakau Bawah Naungan (TBN) dan tembakau Na-Oogst. Varietas yang digunakan sebagai bahan baku cerutu yaitu varietas H 382 (Hybrid 382). Tujuan magang secara umum adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman kerja bagi mahasiswa mengenai kegiatan perusahaan/industri/instansi dan/atau unit bisnis strategis lainnya yang layak dijadikan tempat magang dan manfaat magang adalah mahasiswa terlatih untuk mengerjakan pekerjaan lapangan, dan sekaligus melakukan serangkaian keterampilan yang sesuai dengan bidang keahliannya; dan mahasiswa memperoleh kesempatan untuk memantapkan keterampilan dan pengetahuannya sehingga kepercayaan dan kematangan dirinya akan semakin meningkat. Kegiatan magang di Koperasi Agrobisnis Tarutama Nusantara (KOPA TTN) Jember penulis dapat memahami alur dari mulai pembibitan, persiapan tanam, pemeliharaan, pemanenan, dan pengeringan daun tembakau Bawah Naungan (TBN). Wiwilan merupakan proses pemangkasan atau pembuangan tunas samping yang berada diketiak daun, sedangkan Topping merupakan prosespemangkasan tunas atau bunga pada tanaman tembakau. tahapan ini dilakukan agar membuat daun semakin lebar dan tebal, jika tahapan ini tidak dilakukan maka daun tembakau akan menjadi kecil, tipis dan cenderung tidak lebar. Proses suckering dilakukan apabila sudah melakukan wiwilan dan topping agar setelah kedua proses tersebut tidak menyebabkan busuk batang hingga tanaman mati. Proses lilit pada tanaman tembakau dibagi menjadi 3 tahap yaitu: pemasangan kawat sampiran, pemasangan tali lilit, dan pemasangan tali kolong. Pemasangan tali lilit ini dilakukan agar tanaman tembakau dapat tetap tumbuh tegak dan tidak mudah roboh apabila terkena angin.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHarlianingtyas, IrmaNIDN0002069104
Uncontrolled Keywords: Tembakau Na-Oogst, Wiwilan, Pemasangan Tali
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 29 Jul 2023 05:33
Last Modified: 29 Jul 2023 05:35
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26911

Actions (login required)

View Item View Item