Uji Kinerja Mesin Pengering Tipe Bak Horizontal Untuk Pengeringan Biji Kakao Jenis Edel Di PTPN XII Kendenglembu Glenmore Banyuwangi

Rosyidah, Zauzatur (2023) Uji Kinerja Mesin Pengering Tipe Bak Horizontal Untuk Pengeringan Biji Kakao Jenis Edel Di PTPN XII Kendenglembu Glenmore Banyuwangi. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (44kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (48kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (111kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kakao merupakan salah satu hasil perkebunan yang dapat memberikan konstribusi untuk peningkatan devisa Indonesia karena kakao memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Kakao terdiri dari dua jenis yaitu kakao Bulk dan kakao Edel. Kakao yang masak ditandai dengan perubahan warna yaitu warna jingga untuk kakao Edel dan warna kuning untuk kakao Bulk. Didalam buah kakao terdapat biji yang dapat diolah menjadi produk yang disebut dengan cokelat. Didalam tugas akhir ini menggunakan kakao jenis Edel. Kakao Edel merupakan jenis kakao yang banyak digemari konsumen karena cita rasa yang membuat para konsumen semakin ingin mengkonsumsi. Cita rasa kakao dapat dipengaruhi dari jenis dan cara pengelolahannya baik sekunder maupun secara primer, salah satunya yaitu pengeringan secara mekanis. Pengeringan secara mekanis yaitu menggunakan mesin pengering tipe bak horizontal. Mesin pengering tipe bak horizontal merupakan alat pengering mekanis untuk biji kakao jenis Edel. Mesin pengering tipe bak horizontal mampu menampung biji kakao hingga 150 Kg. Biji kakao yang dikeringkan menggunakan mesin pengering tipe bak horizontal sudah dilengkapi plat bordes aluminium, elemen pemanas, dan fan exhaust yang bertujuan untuk menghantar panas pada saat biji kakao dikeringkan sehingga biji kakao dapat kering secara maksimal tanpa dilakukan penjemuran secara manual dibawah panas matahari. Tujuan dari laporan tugas akhir ini yaitu untuk mengetahui laju pengeringan, konsumsi energi, dan efisiensi pengeringan pada biji kakao menggunakan mesin pengering tipe bak horizontal. Parameter yang digunakan didalam tugas akhir ini yaitu massa bahan, suhu bahan, putaran fan exhaust, kadar air bahan, daya terpakai, konsusmsi energi, laju pengeringan, dan efisiensi pengeringan. Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa laju pengeringan pada pengeringan biji kakao menggunakan mesin pengering tipe bak horizontal dengan elemen pemanas rata-rata sebesar (1,56 + 0,09) kgH2O/jam, konsumsi energi pada pengeringan biji kakao rata-rata sebesar (2.465,47 + 11,92) kJ/kg. Dan efisiensi pengeringan biji kakao rata-rata sebesar (33,34 + 2,071) %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDjamila, SitiNIDN0027086009
Uncontrolled Keywords: Kinerja Mesin Pengering Tipe Bak Horizontal, Pengeringan Biji Kakao Jenis Edel
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Sulthon Bachtiar
Date Deposited: 29 Jul 2023 09:11
Last Modified: 29 Jul 2023 09:12
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26886

Actions (login required)

View Item View Item