Aktivitas Klentek Pada Pemeliharaan Budidaya Tanaman Tebu (Saccharum officinarum L.) Di PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Sumberjambe Banyuwangi

Soffianita, Adelia (2023) Aktivitas Klentek Pada Pemeliharaan Budidaya Tanaman Tebu (Saccharum officinarum L.) Di PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Sumberjambe Banyuwangi. Project Report. Politeknik Negeri Jember. (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
1. Adelia Soffianita - Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (207kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. Adelia Soffianita - Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (214kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
3. Adelia Soffianita - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Adelia Soffianita - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (413kB)

Abstract

Magang merupakan kegiatan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman dan keterampilan khusus dunia industri sesuai bidang keahliannya. Mahasiswa melakukan kegiatan magang untuk mengetahui serangkaian kegiatan budidaya tanaman tebu. Pemeliharaan tanaman tebu memiliki peran penting dalam proses pertumbuhan dan hasil produktivitas. Salah satu kegiatan yang dilakukan di Kebun Sumberjambe yaitu klentek. Klentek adalah kegiatan membersihkan daun-daun kering pada tanaman tebu. Kegiatan klentek memiliki banyak manfaat bagi tanaman tebu karena dengan adanya kegiatan klentek tanaman tebu di Kebun Sumberjambe menjadi lebih bersih, terhindar dari serangan hama, pertumbuhan tanaman tebu yang optimal dan meningkatkan produktivitas karena tebu mebutuhkan sinar matahari dan sirkulasi udara untuk perumbuhannya. Tujuan pelaksanaan Magang adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman kerja bagi mahasiswa mengenai kegiatan perusahaan/industri/instansi/lembaga dan/atau unit bisnis strategis seperti PT. Perkebunan Nusantara XII, melatih mahasiswa agar lebih kritis terhadap perbedaan atau kesenjangan (gap) yang mereka jumpai di lapangan dengan yang diperoleh di bangku kuliah, dengan demikian mahasiswa diharapkan mampu untuk mengembangkan keterampilan tertentu yang tidak diperoleh di kampus, melatih para mahasiswa mengerjakan pekerjaan lapangan, dan sekaligus melakukan serangkaian keterampilan yang sesuai dengan bidang keahliannya mengikuti perkembangan pada budidaya tanaman tebu, meningkatkan kemampuan interpersonal mahasiswa terhadap lingkungan di PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Sumberjambe Banyuwangi dan melatih para mahasiswa berfikir kritis dan menggunakan daya nalarnya dengan cara memberi komentar logis terhadap kegiatan yang dikerjakan dalam bentuk laporan tentang kegiatan aktivitas klentek pada pemeliharaan budidaya tanaman tebu, menambah kesempatan bagi mahasiswa memantapkan keterampilan dan pengetahuannya untuk menambah kepercayaan dan kematangan dirinya. Kegiatan magang dilaksanakan pada tanggal 06 Maret 2023 dan berakhir tanggal 31 Juli 2023 dengan jam yang disesuaikan dengan kegiatan yang ada di lapang. Tempat pelaksanaan kegiatan magang dilaksanakan di PT. Perkebunan Nusantara XII kebun Sumberjambe, Banyuwangi. Hasil pelaksanaan magang di PT. Perkebunan Nusantara XII telah memberikan pengetahuan, pengalaman kerja dan keterampilan mengenai kegiatan perusahaan maupun di lapangan khususnya budidaya tanaman tebu, kegiatan yang dilakukan dapat meningkatkan keterampilan, pengetahuan serta pengalaman kerja kususnya pada kegiatan klentek batang dengan menggunakan alat klentek, kegiatan magang dapat melatih mahasiswa untuk mengerjakan pekerjaan lapangan dan mempertahankan kerjasama yang baik antara Politeknik Negeri Jember dengan PT. Perkebunan Nusantara XII terutama pada kegiatan klentek pemeliharaan tanaman tebu di Kebun Sumberjambe.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorErawati, Dyah NuningNIDN0002056903
Uncontrolled Keywords: Budidaya, Klentek, Pemeliharaan, Tebu
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Teknik Komputer > PKL
Depositing User: Adelia Soffianita
Date Deposited: 28 Jul 2023 09:09
Last Modified: 28 Jul 2023 09:11
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26877

Actions (login required)

View Item View Item