Manajemen Budidaya Tetua Semangka Non Biji (Tetraploid) dan Polinasi Selfing pada Tanaman Semangka di PT. Benih Citra Asia

Mu'is, Abdul (2023) Manajemen Budidaya Tetua Semangka Non Biji (Tetraploid) dan Polinasi Selfing pada Tanaman Semangka di PT. Benih Citra Asia. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (91kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (37kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (143kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31200422_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan magang ini dilakukan selama jam kerja (4 bulan) yaitu dimulai pada tanggal 01 Maret 2023 sampai dengan tanggal 30 Juni 2023. Pelaksanaan kegiatan magang bertempat di PT. Benih Citra Asia yang beralamat di Jalan Akmaludin No. 26 Desa Wirowongso Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Tujuan dari kegitan magang adalah mahasiswa dapat menambah ilmu vokasional dengan cara terjun langsung di lapang memahami sistem manajemen khususnya pabrik PT. Benih Citra Asia mengetahui keseluruhan proses pembenihan baik tanaman pangan maupun khortikultura dari hulu hingga hilir. PT. Benih Citra Asia merupakan pabrik pembenihan terkhusus pada tanaman pangan dan hortikultura, hasil pemuliaan inovasi anak negeri yang dikenal dipasar dengan merk bintang asia, memiliki kelengkapan aspek bisnis mulai dari peneleitian dan pengembangan varietas unggul dengan puluhan ribu pelasma petani mitra. Kapasitas gudang berteknologi tinggi sumberdaya manusia yang memumpuni, serta kepecayaan pelanggan. Budidaya semangka non biji (Tetraploid) seiring kemajuan teknologi rekayasa genetik dibidang pertanian dan didukung oleh meningkatnya selera masyarakat terhadap buah, diciptakan semangka yang tidak mengandung biji yang saat ini populer dengan sebutan semangka non biji. Prospek agribisnis semangka di Indonesia akhir-akhir ini tidak sebatas pada menghasilkan buah saja, melainkan sudah pada tahap menghasilkan benih hibrida. Suatu perusahaan swasta nasional PT. Benih Citra Asia dibawah pengawasan instruktur dari Taiwan telah berhasil menghasilkan benih semangka hibrida “Queen Baby”. vi Kegiatan umum PT. Benih Citra Asia yang pertama yaitu di kantor adminitrasi kegiatannya meliputi pembuatan laporan, penataan dokumen, print out kegiatan petani, dan pengecekan data dokumen. Pabrik pangan diantaranya kegiatan pengenalan lingkup pabrik PT. Benih Citra Asia, sortasi jagung, belajar pengoprasia mesin grading, memahami treatment/coating, belajar memahami penyimpanan benih di gudang bulky, dan praktek inject/stempel. Pabrik hortikultura diantaranya kegiatan prosessing benih, pengecekan benih masuk (BM), praktek packing/pengemasan. Lahan diantaranya kegiatan pengenalan lahan PT. Benih Citra Asia, penyemprotan pestisida pada tanaman jagung, penyemprotan pestisida pada tanaman (jagung, semangka, mentimun, cabai, bayam), penyemprotan herbisida pada tanaman jagung, semangka dan bayam. penyiraman pada tanaman semangka. Semangka non biji (Tetraploid) merupakan hasil perkawinan antara tetua semangka tetraploid (4x) dengan tetua semangka diploid (2x), semangka triploid merupakan hasil persilangan antara semangka tetrploid sebagai tetua betina dengan semangka diploid sebagai jantan. Tahapan budidaya tetua semangka non biji (Tetraploid) meliputi beberapa tahapan yaitu penyemaian benih semangka, persiapan lahan, pengaplikasian mikoriza, penanaman bibit semangka, proses pengairan, pemupukan susulan, pemeliharaan pada tanaman semangka, polinasi selfing, panen dan pasca panen.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWidyatami, Linda EkadewiNIDN0008038404
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Abdul Mu'is
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:23
Last Modified: 28 Jul 2023 07:23
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26835

Actions (login required)

View Item View Item