Analisis Usaha Keripik Bayam Pedas Daun Jeruk Di Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo

Muzaffar Khairullah, Robbie (2023) Analisis Usaha Keripik Bayam Pedas Daun Jeruk Di Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (184kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (185kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (282kB)

Abstract

Keripik bayam pedas daun jeruk merupakan makanan ringan produk diversifikasi dari keripik bayam yang menggunakan bahan dasar daun bayam dengan berlapis tepung dan tambahan rasa pedas daun jeruk, rasa pedas daun jeruk ini diperoleh dari daun jeruk kering dan bubuk cabai kering. Produk ini diciptakan untuk meningkatkan nilai ekonomis sayur bayam. Tugas akhir ini bertujuan untuk dapat melakukan proses produksi, menganalisa usaha, dan dapat melakukan kegiatan pemasaran. Pelaksanaan tugas akhir ini bertempat di Desa Sumberkolak Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo dengan waktu pelaksanaan pada bulan 1 Juni 2022 sampai dengan 22 Desember 2022. Pengumpulan data menggunakan pengumpulan data primer dan pengumpulan data sekunder. Proses produksi dilakukan sebanyak 5 kali dan dapat menghasilkan 15 kemasan dalam satu kali proses produksi, sehingga selama dilaksakan tugas akhir ini mampu menghasilkan total produk sebanyak 75 kemasan. Metode analisis yang digunakan yaitu Break Event Point (BEP), Revenue Cost Ratio (R/C Rasio), dan Return on Investment (ROI). Dari hasil analisis yang diperoleh BEP (produksi) sebanyak 13,59 kemasan dari total produksi 15 kemasan, BEP (harga) Rp 9.064,35/kemasan dengan harga penjualan Rp 10.000/kemasan, R/C Ratio 1,10 dan ROI 2,12 %. Berdasakan hasil analisis tersebut usaha keripik bayam pedas daun jeruk dinyatakan menguntungkan dan layak untuk diusahakan. Pemasaran yang dilakukan menggunakan bauran pemasaran 4P yaitu product, price, place, dan promotion. Harga jual keripik bayam pedas daun jeruk Rp 10.000/kemasan, dipasarkan di Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo dengan mengunakan pemasaran secara langsung dan melakukan promosi tatap muka secara langsung (personal selling) pada konsumen serta melalui media sosial berupa WhatsApp dan Instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSutantio, R AlamsyahNIDN0002026802
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Kewirausahaan, Agribisnis Teh, Pemasaran, Kelayakan Bisnis, Pembangunan Pertanian
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Robbie Muzaffar Khairullah
Date Deposited: 28 Jul 2023 09:42
Last Modified: 28 Jul 2023 09:43
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26832

Actions (login required)

View Item View Item