RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KACANG HIJAU (Vigna radiata L.) TERHADAP KONSENTRASI DAN INTERVAL PEMBERIAN POC KULIT NANAS

Zaman, Sultan Fatarro (2023) RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KACANG HIJAU (Vigna radiata L.) TERHADAP KONSENTRASI DAN INTERVAL PEMBERIAN POC KULIT NANAS. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
A42190593_ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (11kB)
[img] Text (Pendahuluan)
A42190593_PENDAHULUAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (38kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
A42190593_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (106kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
A42190593_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy

Abstract

Produksi kacang hijau di Indonesia mengalami fluktuasi yang terus berubah-ubah dari tahun ke tahun disebabkan oleh rendahnya produksi dan produktivitas yang belum mampu mencapai tingkat maksimal. Maka dari itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan pertumbuhan serta hasil produksi dari kacang hijau melalui penggunaan POC kulit nanas dengan memperhatikan konsentrasi dan interval pemberiannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pertumbuhan dan produksi kacang hijau dipengaruhi oleh konsentrasi dan interval pemberian POC kulit nanas. Penelitian ini dilakukan di lahan Jalan Danau Toba 7, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, bulan September hingga Januari 2023. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok Faktorial dengan 2 faktor dan 3 ulangan. Faktor pertama yaitu konsentrasi, terdiri dari 4 taraf: kontrol, 75 ml/air, 150 ml/air, dan 225 ml/air. Faktor kedua yaitu interval, terdiri dari 3 taraf: 5 hari sekali, 10 hari sekali, dan 15 hari sekali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi antara konsentrasi dan interval pada semua variabel yang diamati. Perlakuan interval juga tidak berbeda nyata pada semua variabel pengamatan. Namun, perlakuan konsentrasi berbeda secara nyata pada variabel tinggi tanaman, jumlah polong per tanaman, berat polong kering per tanaman dan per plot, serta berat biji kering per tanaman dan per plot. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan POC kulit nanas sebagai pupuk cair dengan konsentrasi 150 ml/air memiliki dampak yang nyata dalam meningkatkan pertumbuhan dan produksi kacang hijau.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSoelaksini, Liliek DwiNIDN0001036102
Uncontrolled Keywords: interval, kacang hijau, konsentrasi, pupuk organic cair
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Sultan Fatarro Zaman
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:25
Last Modified: 31 Jul 2023 06:34
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26809

Actions (login required)

View Item View Item