Pengolahan Pasca Panen Kopi Robusta (Coffea Canephora) Dengan Metode Pengeringan Mechanical Drying Di Ptpn Xii Kebun Bangelan Malang Jawa Timur

YULIANTO, MUHAMMAD 'ARIQ (2023) Pengolahan Pasca Panen Kopi Robusta (Coffea Canephora) Dengan Metode Pengeringan Mechanical Drying Di Ptpn Xii Kebun Bangelan Malang Jawa Timur. Project Report. POLITEKNIK NEGERI JEMBER. (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
A32202041 MUHAMMAD 'ARIQ YULIANTO - RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (300kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
A32202041 MUHAMMAD 'ARIQ YULIANTO - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (323kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
A32202041 MUHAMMAD 'ARIQ YULIANTO - FULL TEXT.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
A32202041 MUHAMMAD 'ARIQ YULIANTO - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (381kB)

Abstract

Politeknik Negeri Jember merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan yang mengarahkan proses belajar mengajar pada tingkat keahlian dan mampu melaksanakan serta mengembangkan standar-standar keahlian secara spesifik yang dibutuhkan sektor indutri. PT. Perkebunan Nusantara XII merupakan instansi di bawah kendali BUMN yang mengembangkan sektor perkebunan di Indonesia. PT. Perkebunan XII Kebun Bangelan memiliki pabrik untuk mengolah biji kopi gelondong dari kebun menjadi kopi pasar (Green Bean) siap kirim ke berbagai wilayah dalam negeri maupun luar negeri. Bahan baku kopi berkualitas diperoleh dari proses budidaya serta proses pengolahan. Salah satu tahapan pengolahan biji kopi yang penting yaitu pengeringan. Untuk menghasilkan biji kopi berkualitas baik, biji kopi harus melewati proses pengeringan yang bertujuan untuk mengurangi kadar air yang terkandung dalam biji. Kegiatan Magang bertujuan untuk melatih para mahasiswa mengerjakan pekerjaan lapang, dan sekaligus melakukan serangkaian keterampilan yang sesuai dengan bidang keahliannya mengikuti perkembangan ipteks. Menambah kesempatan bagi mahasiswa memantapkan keterampilan dan pengetahuannya untuk menambah kematangan dirinya. Melatih para mahasiswa berpikir kritis dan menggunakan daya nalarnya dengan cara memberi komentar logis terhadap kegiatan yang dikerjakan dalam bentuk laporan kegiatan. Kegiatan Magang dilaksanakan di PTPN XII Kebun Bangelan Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang Jawa Timur. Magang dilaksanakan mulai tanggal 6 Maret – 30 Juni 2023. Mechanical drying merupakan metode/cara pengeringan biji kopi menggunakan bantuan mesin dalam proses pengeringannya. Dalam proses pengeringan biji kopi hingga mencapai kadar air 10,5%, PTPN XII kebun Bangelan menggunakan bantuan mesin mason dryer yang merupakan alat pengering kopi berbentuk tabung yang dapat menampung HS basah sejumlah 9 ton. Cara kerja mason dryer diawali dengan dimasukkannya biji kopi HS ke tabung mason menggunakan mesin coffe pump dengan bantuan air setelah itu dilakukan pembakaran kayu pada tungku pembakaran untuk menghasilkan udara panas yang disalurkan ke tabung melalui mesin blower. Durasi pengeringan menggunakan mesin telah ditentukan dengan SOP pengolahan, yaitu selama ±18 jam. Penggunaan mesin mason dryer dalam pengeringan kopi memiliki kelebihan dalam menurunkan kadar air biji sehingga membuat rasa kopi relatif sama serta mempunyai kelemahan dalam hal biaya perawatan dan biaya bahan bakar yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorCAHYANINGRUM, DESCHA GIATRINIDN0008129007
Uncontrolled Keywords: pengeringan mechanical drying, pengolahan pasca panen, kopi robusta
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: Muhammad 'Ariq Yulianto
Date Deposited: 29 Jul 2023 07:31
Last Modified: 29 Jul 2023 07:32
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26756

Actions (login required)

View Item View Item