“Proses Penggilingan Rss (Ribbed Smoke Sheet) Menggunakan Mesin Sheet Mangel (Six In One) Di Pt.Perkebunan Nusantara Xii Kebun Banjarsari Bangsalsari Jember

Prayogo, M. Mikail Rabbani P. (2023) “Proses Penggilingan Rss (Ribbed Smoke Sheet) Menggunakan Mesin Sheet Mangel (Six In One) Di Pt.Perkebunan Nusantara Xii Kebun Banjarsari Bangsalsari Jember. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
1. Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
2. BAB 1. Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
3. Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Magang merupakan program yang di persiapkan dengan tujuan supaya mahasiswa mendapatkan pengalaman serta ketrampilan khusus di dunia kerja sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing. Selama mengikuti kegiatan magang mahasiswa diharapkan mampu menerapkan ilmu yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan untuk menyelesaikan tugas sesuai dengan lokasi magang. Kegiatan Magang di PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Banjarsari mulai dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2023 sampai dengan 6 Juli 2023. Kegiatan pertama yang dilakukan adalah pengenalan lokasi dari PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Banjarsari. Terdapat 5 afdeling pada perusahan tersebut yaitu afdeling Gerengrejo, Antokan, Karang Nangka dan afdeling Klatakan. Kegiatan selanjutnya adalah pengenalan lahan yang ditempatkan pada afdeling Gerengrejo. Pengenalan lahan tersebut di bimbing langsung oleh Bapak Mahendra Agus Cahyo selaku Asisten Tanaman di afdeling Gerengrejo dan Bapak Achmad Mualim selaku mandor besar di afdeling Gerengrejo. Pada afdeling Gerengrejo memiliki luas 161,46 Ha tanaman karet. Penggilingan adalah proses pembentukan koagulum mejadi lembaran sheet dengan menggunakan mesin sheet mangel. Tujuan dari penggilingan sheet untuk mengurangi kadar air dan memperluas permukaan sheet. Mesin sheet mangel di pabrik pengolahan RSS (Ribbed Smoked Sheet) PTPN XII Kebun Banjarsari type Six In One dengan kapasitas penggilingan dalam satu hari adalah 1.800 koagulum. Mekanisme kerja penggilingan dimulai dari membuka tutup plastik bak koagulasi, penutupan dengan plastik bertujuan untuk menghindari kontaminasi kotoran dari luar pada proses pembekuan. Pengangkatan koagulum ke talang, dilakukan bersamaan pengaliran air ke talang dengan tujuan untuk memperlancar jalannya bekuan lateks di talang menuju mesin penggiling.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWardati, IrmaNIDN0019126905
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Budidaya Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: M. Mikail Rabbani Putra Prayogo
Date Deposited: 28 Jul 2023 04:55
Last Modified: 28 Jul 2023 04:56
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26745

Actions (login required)

View Item View Item